Perdana, Senam Kancil Germas Karya PNS di Lutra Resmi Diperkenalkan ke Publik

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 07:17 WIB
loading...
Perdana, Senam Kancil Germas Karya PNS di Lutra Resmi Diperkenalkan ke Publik
Sekira 25-an siswa SDN Nomor 097 Katokkoan tampil memesona dengan memeragakan Senam Kancil Germas di hadapan Bupati Lutra pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Kamis (11/8/2022) lalu. Foto/Dok Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Sekira 25-an siswa SDN Nomor 097 Katokkoan tampil memesona dengan memeragakan Senam Kader Cilik Gerakan Masyarakat Hidup Sehat alias Kancil Germas di hadapan Bupati Luwu Utara (Lutra) pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Kamis (11/8/2022) lalu.

Senam Kancil Germas adalah senam baru yang diciptakan secara kolaboratif antara dua PNS Dinas Kesehatan, Juinar dan Ajmal Akbar. Kolaborasi keduanya menghasilkan Senam Kancil Germas, dengan menggunakan jingle Germas berjudul “Yo Ayo Hidup Sehat Kawan”.



Senam ini sudah diperkenalkan kepada publik Kamis kemarin. Bahkan Bupati Lutra, Indah Putri Indriani , bersama Kepala Dinas Kesehatan, Marhani Katma, ikut memeragakan senam tersebut bersama para anak SD di acara Peringatan Hari Anak Tingkat Kabupaten.

“Gerakan senam ini kami buat bersama rekan kami, Ajmal. Saya berikan masukan, dia yang memerakan gerakannya seperti apa, sehingga tadi bisa kita lihat secara full gerakan senam ini dan tadi secara resmi kita perkenalkan ke publik,” kata Juinar di sela-sela peringatan HAN.

Rencananya Senam Kancil Germas ini akan dipatenkan untuk menjaga hak cipta atas karya yang yang telah dihasilkan, termasuk karya senam itu sendiri. Jadi, kata dia, kekayaan intelektual itu bukan melulu tentang karya di bidang tertentu, tetapi juga bisa berupa karya senam.

“Rencananya, kami mau patenkan senam ini,” terang Juinar singkat. Yang menarik, kata dia, senam ini sudah menarik perhatian beberapa pihak untuk segera ditampilkan. “Alhamdulillah, Dinas Kesehatan Provinsi sangat menunggu senam Kancil Germas ini,” ungkapnya.



Sebenarnya senam ini adalah bagian dari inovasi dia, yaitu Kancil Germas yang akan menyasar ke seluruh Puskesmas nantinya. “Jadi, melalui inovasi ini akan diadakan pembinaan kesehatan ke puskesmas dengan melibatkan para kader cilik kita,” terang Yuyu, sapaan akrabnya.

Untuk diketahui, inovasi Kancil Germas ini telah dilaunching Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dengan ditandai oleh peragaan perdana Senam Kancil Germas di hadapan para pejabat pada acara Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat kabupaten baru-baru.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2994 seconds (0.1#10.140)