TOPIK TERPOPULER

BPBD Kota Parepare Diinstruksikan Perkuat Mitigasi

Darwiaty Dalle
BPBD Kota Parepare Diinstruksikan Perkuat Mitigasi
Petugas gabungan dari BPBD Parepare saat mengevakuasi warga pada banjir yang terjadi tahun lalu. Foto: Sindonews/dok

PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare, mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak cuaca ekstrem. Hal itu dikemukakan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Imbauan yang sama juga sebelumnya dikeluarkan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas.

Baca Juga: BKPSDMD Parepare Maksimalkan Layanan Kepegawaian

Taufan mengemukakan, beberapa hari terakhir ini, hampir seluruh wilayah di Sulawesi Selatan khususnya di Parepare mengalami cuaca ekstrem. "Kita imbau warga agar tetap waspada akan dampaknya," katanya.

Terkait itu, Taufan menginstruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parepare berkolaborasi dengan Basarnas untuk melakukan langkah antisipasi.

"BPBD kami berkolaborasi dengan Basarnas untuk memperkuat mitigasi bencana sebagai upaya meminimalkan dampak negatif jika terjadi cuaca ekstrem," papan Taufan.

Pihaknya, kata Taufan, juga meminta BPBD menyiapkan sejumlah personel dan peralatan yang dapat digunakan untuk evakuasi jika diperlukan.

"Selalu waspada terhadap potensi cuaca buruk. Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan transportasi laut agar terlebih dahulu melihat kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan," jelas Taufan.

Taufan juga mengimbau agar masyarakat nelayan, agar sementara menahan diri melakukan aktivitas melaut, dan juga diharapkan selalu menyediakan pelampung keselamatan saat aktivitas di laut.

Baca Juga: Disnaker Parepare Kantongi Standar Pelayanan Internasional

Selain itu, Taufan Pawe juga memerintahkan pihak Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare turun memangkas pohon tumbang dan potensinya.

"Karena langkah antisipasi itu sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya.





(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!