Seleksi Kepsek di Makassar Segera Dibuka, Guru Penggerak Dipertimbangkan

Selasa, 16 Agustus 2022 - 08:11 WIB
loading...
Seleksi Kepsek di Makassar Segera Dibuka, Guru Penggerak Dipertimbangkan
Seleksi kepala sekolah (kepsek) tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama Kota Makassar segera dibuka. Foto/Tangkapan Layar Laman Sekolah Penggerak.
A A A
MAKASSAR - Seleksi kepala sekolah (kepsek) tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama Kota Makassar segera dibuka. Meski tak menjadi syarat mutlak, guru penggerak akan dipertimbangkan dalam proses seleksi.

Meski begitu, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, mengungkapkan mekanismenya harus tetap melalui proses seleksi.



"Dites sesuai keahlian, guru kan ada formatnya itu (syarat), tapi saya maunya guru penggerak. Modelnya hampir mirip-mirip seleksi pejabat. Kami buat tes untuk calon kepala sekolah supaya lebih kelihatan performanya," ungkap dia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, mengatakan pihaknya kini tengah menggodok mekanisme seleksi kepala sekolah . Tak ada lagi alasan untuk menunda seleksi, sebab proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) sudah selesai.

"Sudah selesai semua mekanisme dan syaratnya, kita sisa tunggu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) umumkan," ucap dia.

Muhyiddin menyampaikan, selain mekanisme dan syarat-syarat, tim seleksi (Timsel) juga sudah terbentuk. Terdiri dari unsur Sekretariat Daerah (Sekda) Kota, Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan dan unsur Pengawas Sekolah.

"Tapi kami kan tambah nanti dari unsur tim ahli Pemkot Makassar, yang pokok itu yang empat unsur sesuai dengan Permendikbud," ujar dia.

Diketahui ada 314 kepala SD dan 55 kepala SMP yang akan diisi pada seleksi ini.

Ketua Dewan Pendidikan, Rudianto Lallo, mengungkapkan dirinya belum menerima informasi jika pihaknya dilibatkan tim seleksi kepala sekolah. Kendati begitu, dirinya tidak keberatan jika memang diminta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3383 seconds (0.1#10.140)