Bupati Gowa Ajak Seluruh Pihak Kedepankan Toleransi

Selasa, 16 Agustus 2022 - 07:26 WIB
loading...
Bupati Gowa Ajak Seluruh Pihak Kedepankan Toleransi
Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan, saat menghadiri Kemah Merdeka Tolerasi yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan di Bumi Perkemahan Pakkatto, Senin (15/8) sore kemarin. Foto/Istimewa
A A A
GOWA - Kemajuan suatu daerah, salah satunya ditentukan bagaimana penduduknya mampu mengedepankan azas toleransi antar umat beragama. Dengan sifat saling menghargai ini akan hadir kedamaian di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan, saat menghadiri Kemah Merdeka Tolerasi yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan di Bumi Perkemahan Pakkatto, Senin (15/8) sore kemarin.



Menurutnya, Kemah Merdeka Toleransi ini untuk menyamakan visi pandangan dan persepsi bahwa jika ingin melihat daerah semakin maju, dan bermuara pada kemajuan Indonesia secara luas. Olehnya itu, kuncinya adalah mengedepankan toleransi antar umat beragama. Sehingga hal ini perlu didorong dan dibudayakan oleh seluruh pihak.

"Tidak ada kemajuan suatu daerah kalau daerahnya itu tidak damai, dan tidak ada kedamaian di suatu daerah kalau penduduknya tidak mengedepankan asas toleransi. Melalui kegiatan ini saya yakin dan percaya mampu menyatukan persepsi dan pandangan kita untuk membangun negara dan daerah ini menjadi lebih baik," ujar dia.

Bupati Adnan mengatakan dalam membangun suatu bangsa, tentunya tidak melihat latar belakang seseorang, tidak melihat derajat sosial seseorang, dan tidak melihat agama seseorang. Sebab, siapapun yang punya niat tulus dan ikhlas membangun daerah ini, apapun agamanya pasti akan menjadi baik lagi di masa yang akan datang.

"Semoga kita semua dapat menjadi agen-agen perdamaian dengan melawan segala bentuk perpecahan karena adanya perbedaan-perbedaan itu. Termasuk jika ada yang ingin memecah belah, kita semua yang berada di garis terdepan untuk menghalaunya," kata orang nomor satu di Gowa.

Ia juga menyampaikan terimakasihnya sebab Kabupaten Gowa ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Kemah Merdeka Toleransi ini. "Mudah-mudahan dengan kehadiran kita semua di tempat ini semakin memperkokoh tujuan kita bersama untuk membangun daerah dan bangsa ini lebih baik lagi di masa yang akan datang," harap dia.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Nana Sujana, pada kesempatan itu mengatakan, sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD Tahun 1945 bahwa kemerdekaan merupakan pintu gerbang negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Artinya, hingga saat ini kita diingatkan agar kita tetap bersatu.

"Kita bangsa indonesia percaya bahwa bangsa ini bisa terbentuk karena adanya persatuan. Kita percaya bahwa persatuan menjadi prasyarat bagi kedaulatan, kemakmuran dan keadilan. Sekarang bagaimana kita mengisi kemerdekaan saat ini dan kedepannya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)