TOPIK TERPOPULER

20 Proyek Fisik di Disdikbud Wajo Jadi Temuan BPK, Polisi Siap Turun Tangan

M Reza Pahlevi
20 Proyek Fisik di Disdikbud Wajo Jadi Temuan BPK, Polisi Siap Turun Tangan
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok

WAJO - Aparat Polres Wajo siap melakukan penyelidikan atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulsel terkait 20 item proyek fisik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wajo.

20 item proyek tersebut berdasarkan temuan BPK, tidak jelas alamat serta lokasi pembangunannya. 20 item itu bernilai total Rp2.829.094.916.

Baca juga: 20 Item Proyek Fisik Tahun 2011 Disdikbud Wajo Jadi Temuan BPK

Kanit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Wajo, Ipda Syarifuddin menegaskan, pihaknya siap turun tangan melakukan pengusutan, manakala rekomendasi dari BPK terkait temuan itu tidak diindahkan.

"Kita tunggu sampai 90 hari dan harus segera di tuntaskan rekomendasi BPK. Kepolisian mempunyai kewajiban masuk melakukan pengusutan manakala dalam waktu yang 90 hari rekomendasi itu tidak diselesaikan," ujarnya kepada SINDOnews, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Kabupaten Wajo Dapat Suntikan Dana dari Kemendes PDTT

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Daerah Wajo, Saktiar menjelaskan, sejauh ini semua temuan BPK masih dalam proses tindak lanjut. Tapi masih terdapat sebagian belum sesuai rekomendasi. 

"Masih diusahakan di antaranya temuan di Disdikbud Wajo untuk menindaklanjuti supaya sesuai rekomendasi dari BPK," jelasnya.

Ia juga masih melakukan penelusuri terkait lokasi 20 proyek fisik tahun 2011 itu. Koordinasi dengan pejabat Disdikbud pun telah dilakukan.

Baca juga: Tersandung Kasus Penipuan dan Penggelapan, Kakak Kandung Bupati Wajo Dipolisikan

Bahkan seluruh pejabat terkait di era proyek tahun 2011 tersebut, akan diperiksa dan diambil keterangannya jika dibutuhkan.

"Kita lihat dulu subtansinya dari hasil tanggapan Disdikbud. Bisa saja dipanggil kalau dibutuhkan keterangannya," pungkasnya.



(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!