alexametrics
TOPIK TERPOPULER

2 Kapal Perang Baru Bersenjata Meriam Rheinmetal Perkuat Lantamal VI Makassar

Luqman Zainuddin
2 Kapal Perang Baru Bersenjata Meriam Rheinmetal Perkuat Lantamal VI Makassar
Salah satu kapal perang baru yang akan memperkuat patroli laut di jajaran Lantamal VI Makassar. Foto: Lantamal VI Makassar

MAKASSAR - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar mendapat dua tambahan kapal perang untuk memperkuat patroli keamanan laut di jajarannya. Kapal perang itu masing-masing Kapal Angkatan Laut (KAL) Talise II-6-65 dan KAL Manakarra II-6-66.

Penyambutan dua kapal perang tersebut dilakukan di dermaga Layang Mako Lantamal VI, Selasa (30/6/2020). Hadir dalam agenda penyambutan itu, Komandan Lantamal VI, Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas bersama sejumlah pejabat Lantamal VI.

Baca juga: Inggris Bakal Bikin 2 Kapal Induk Baru, Masing-masing Rp52,7 Triliun

Menurut Komandan Lantamal VI, dua kapal perang ini merupakan produksi dalam negeri.

"2 unit kapal perang yaitu KAL Talise II-6-65 untuk Lanal Palu dan KAL Manakarra II-6-66 untuk Lanal Mamuju tersebut merupakan buatan dalam negeri dari PT Palindo Marine Shipyard Batam," ujar Komandan Lantamal VI, seperti dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.
2 Kapal Perang Baru Bersenjata Meriam Rheinmetal Perkuat Lantamal VI Makassar
KAL 28 M memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter, dengan berat 90 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, dengan kecepatan jelajah 18 knots, dan membawa ABK sebanyak 15 orang, serta mampu berlayar selama 3 hari.

Sedangkan untuk persenjataan, kedua kapal perang ini dilengkapi meriam rheinmetal 20 MM 1 pucuk di haluan dan meriam 12,7 MM 2 pucuk di geladak isyarat.

"KAL Talise II-6-65 yang dikomandani Lettu Laut (P) Feriyanto akan memperkuat Lanal Palu dan KAL Manakarra II-6-66 yang dikomandani Kapten Laut (P) B Wiratama akan bertugas di Lanal Mamuju yang merupakan Pangkalan TNI AL jajaran Lantamal VI Makassar," pungkas Laksamana Pertama TNI Hanarko.



(luq)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak