TOPIK TERPOPULER

Aksi Gerak Jalan Waria di Kabupaten Luwu Dikecam

Chaeruddin
Aksi Gerak Jalan Waria di Kabupaten Luwu Dikecam
Kelompok waria ikut dalam gerak jalan indah yang digelar Paniatia HUT Kemerdekaan RI Kabupaten Luwu, Rabu (18/8/2022). Foto: istimewa

LUWU - Gerak jalan yang melibatkan kelompok wanita pria (waria) di Kabupaten Luwu dalam rangka HUT Kemerdekaan RI pada Rabu, 17 Agustus kemarin, mendapat kecaman dari sejumlah pihak.

Di dunia maya, ramai masyarakat mengomentari unggahan video yang memperlihatkan kelompok waria ini ikut gerak jalan. Mereka menilai, tidak semestinya kelompok ini diberi ruang dalam kegiatan seperti itu.

Baca juga: Komunitas Waria Berencana Fashion Show di Sidrap, Sekda Pastikan Tak Ada Izin

"Waria atau seorang pria yang menyerupai perempuan, baik gerakan tubuh dan pakaian itu tidak baik menjadi tontonan masyarakat, apalagi terhadap anak-anak yang merupakan penerus bangsa ini," ujar Basman salah seorang warga.

"Pendapat saya, ini adalah penyakit masyarakat yang mestinya pemerintah ikut memberikan solusi menyembuhkan mereka, bukan malah sebaliknya memberi ruang promosi tumbuhnya penyakit tersebut lebih besar di tengah-tengah masyarakat," lanjut Basman.

Mestinya panitia HUT RI di Kabupaten Luwu sadar akan hal tersebut. "Belum jika kita berbicara soal agama, tentu hal tersebut dilarang agama bahkan Rasulullah SAW melaknatnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Brigade Muslim Indonesia (BMI) Sulsel, Zulkifli meminta agar kebebasan berekspresi tidak serta merta melabrak norma agama dan etika moral.

"Kami sangat menghargai kebebasan berekspresi tetapi janganlah kebebasan itu justru merusak tataran norma agama, dan etika moral. Kami rasa sangat banyak kegiatan bermanfaat dan sifatnya menghibur yang bisa kita tampilkan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan kita tanpa harus menciderai norma agama dan budaya kita," ucap Zulkifli.

Berbeda dengan penampilan kelompok peserta gerak jalan lainnya yang tertutup, membuat kelompok waria ini menjadi tontonan warga yang hadir, baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua.

Baca juga: Geger, Sawaludin alias Zahwa Waria Salon Kecantikan Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!