TOPIK TERPOPULER

BI Sulsel Siapkan Kas Keliling Layani Penukaran Uang Rupiah Baru

Syamsi Nur Fadhila
BI Sulsel Siapkan Kas Keliling Layani Penukaran Uang Rupiah Baru
BI meluncurkan tujuh uang kertas baru hari ini. Foto: SINDOnews/Dok

MAKASSAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama perbankan di wilayah setempat membuka layanan kas keliling penukaran uang rupiah baru. Hal ini dilakukan sekaitan dengan diluncurkannya uang rupiah tahun emisi (TE) 2022.

Melalui kegiatan ini, BI Sulsel ingin mendorong masyarakat agar semakin cinta, bangga, dan paham (CBP) rupiah, sekaligus memperkenalkan dan mensosialisasikan uang rupiah TE 2022. BI memastikan layanan resmi penukaran uang rupiah TE 2022 ini tidak dipungut biaya.

Baca juga: BI Luncurkan 7 Pecahan Uang Kertas Baru: Ini Nama-nama Pahlawannya

Untuk mengurangi antrean dalam rangka menjaga protokol kesehatan di masa pandemi, penukaran uang melalui kas keliling Bank Indonesia dilakukan dengan memesan terlebih dahulu menggunakan aplikasi PINTAR yang dapat diakses oleh masyarakat melalui laman https://pintar.bi.go.id/.

Masyarakat yang ingin melakukan penukaran bisa mendatangi layanan kas keliling dengan jadwal dan lokasi yang sudah ditentukan. Pada 19 Agustus 2022, layanan akan tersedia di Pasar Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang, pada pukul 09.00-11.00 Wita.

Pada 22 Agustus 2022, layanan akan tersedia Pasar Niaga Daya, Kecamatan Biringkanaya, pukul 09.00-12.00. Kemudian lada 23 Agustus 2022, layanan tersedia di di Pasar Pannampu, Tallo, serta di halaman kantor Bank Sulselbar Lalabata, Soppeng pada pukul 09.00-12.00.

Pada 24 Agustus 2022, layanan akan tersedia di Pasar Toddopuli, Panakkukang, serta di halaman kantor Bank Sulselbar Lalabata, Soppeng pada pukul 09.00-12.00.

Baca juga: Misteri Uang Rp3,7 Miliar di Pintu Tol Mojokerto, Polisi Selidiki Prosedur Pengeluaran dari Bank

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana berujar, sejak tanggal 17 Agustus 2022, pecahan uang rupiah TE 2022 telah dinyatakan sebagai alat pembayaran yang sah untuk bertransaksi di seluruh wilayah Indonesia. Sementara untuk uang yang sudah beredar, dinyatakan masih tetap berlaku.

"Pengedaran uang rupiah TE 2022 ini kepada perbankan dan seluruh masyarakat akan dilaksanakan secara bertahap. Sementara untuk seluruh uang rupiah yang telah dikeluarkan sebelum peluncuran dan pengedaran uang rupiah TE 2022, dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia," jelas Causa.





(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!