Pesimis Raih Adipura, Kinerja DLH Makassar Disorot

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 22:22 WIB
loading...
Pesimis Raih Adipura, Kinerja DLH Makassar Disorot
Kondisi TPA Tamangapa Makassar. TPA akan menjadi salah satu indikator dalam penilaian untuk meraih Piala Adipura. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Raihan penghargaan Adipura untuk Kota Makassar pada tahun 2022 ini disebut jauh dari harapan. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menampakkan kepasrahan akan hasil yang bakal diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Danny, sapaan akrabnya, bahkan mengaku pesimis bisa meraih penghargaan bergengsi dalam bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan itu. Hal itu disebabkan indikator penilaian Adipura lebih banyak ditekankan pada pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA).



"Ada beberapa (indikator) yang sudah bagus. Kecuali TPA, semua memenuhi syarat. Tapi syarat kunci penilaian Adipura itu di TPA," ungkap Danny.

Sementara yang terjadi di Makassar, pengelolaan TPA Tamangapa belum memadai. Danny menilai, kinerja instansi terkait, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tak maksimal dalam mengelola TPA.

"Kalau kebersihan saya rasa bisa kita kejar, tapi kalau mengenai TPA, agak sulit. Saya melihat bahwa instansi terkait tidak terlalu maksimal bekerja. Jadi saya agak pesimis karena TPA tidak diurus dengan baik," jelasnya.

Dirinya pun mengungkapkan rasa dongkolnya kepada instansi terkait lantaran minimnya usaha yang dilakukan dalam mengelola persampahan di Makassar. Bahkan, ia memastikan akan memberikan sanksi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar , Aryati Puspasari Abady berujar jika kondisi TPA di sejumlah daerah lain tak jauh berbeda dengan kondisi TPA Tamangapa. Kendati begitu, pihaknya sejak awal sudah berupaya keras untuk melakukan pembenahan.

“Di sana (TPA) kami benahi, karena saya juga banyak melihat TPA di daerah lain hampir tidak ada yang ideal, TPA itu di seluruh daerah tidak ada yang paling ideal,” ucapnya.

Puspa mengakui bahwa penilaian TPA memang punya bobot besar dalam penilaian Adipura. Secara keseluruhan, kira-kira ada 16 indikator atau penilaian dalam Adipura. Termasuk di dalamnya pasar, kantor-kantor pemerintahan, kecamatan, drainase, taman, dan sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4189 seconds (0.1#10.140)