Kabupaten Barru Bersiap Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Sulsel

Selasa, 30 Juni 2020 - 22:00 WIB
loading...
Kabupaten Barru Bersiap Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Sulsel
Rapat koordinasi antara Pemkab Barru dengan Pemprov Sulsel terkait persiapan Barru menjadi KEK Sulsel. Foto/Istimewa
A A A
BARRU - Kabupaten Barru diproyeksi untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sulsel. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Barru, Abustan, saat mengikuti rapat koordinasi di Bappelitbangda Sulsel. Abustan memaparkan beberapa isu strategis, baik skala global, nasional maupun regional Sulsel untuk menjawab pertanyaan mengapa KEK Sulsel sudah sangat dibutuhkan.

“Otonomi daerah di era reformasi digital yang didukung dengan semakin ramainya Selat Makassar sebagai alur pelayaran internasional disertai rencana pemindahan ibu kota negara di Pulau Kalimantan menjadikan Kawasan Indonesia Timur khususnya Sulawesi Selatan sebagai masa depan Indonesia," kata Abustan, Selasa (30/6/2020).

Ia menambahkan keunggulan yang dimiliki Barru juga di antaranya yakni akses jalan darat dan akses pelabuhan laut dengan segenap keunggulan seperti terbangunnya rel kereta api di pesisir barat Pulau Sulawesi. Hal itu, kata dia menjadikan Barru yang memiliki kolam pelabuhan alam terdalam dan potensi pengembangan terluas disertai mitigasi bencana teraman serta posisi strategis.

"Semuanya memenuhi syarat untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Sulawesi Selatan,” paparnya di hadapan beberapa Guru Besar Unhas yang terhimpun dalam TGUPP Sulsel.

Baca Juga: Topang Ibu Kota Negara Baru, Pelabuhan di Sulsel Ini Dirancang Jadi KEK
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7001 seconds (0.1#10.140)