alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Kabupaten Barru Bersiap Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Sulsel

Muhammad Subhan
Kabupaten Barru Bersiap Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Sulsel
Rapat koordinasi antara Pemkab Barru dengan Pemprov Sulsel terkait persiapan Barru menjadi KEK Sulsel. Foto/Istimewa

BARRU - Kabupaten Barru diproyeksi untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sulsel. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Barru, Abustan, saat mengikuti rapat koordinasi di Bappelitbangda Sulsel. Abustan memaparkan beberapa isu strategis, baik skala global, nasional maupun regional Sulsel untuk menjawab pertanyaan mengapa KEK Sulsel sudah sangat dibutuhkan.

“Otonomi daerah di era reformasi digital yang didukung dengan semakin ramainya Selat Makassar sebagai alur pelayaran internasional disertai rencana pemindahan ibu kota negara di Pulau Kalimantan menjadikan Kawasan Indonesia Timur khususnya Sulawesi Selatan sebagai masa depan Indonesia," kata Abustan, Selasa (30/6/2020).

Ia menambahkan keunggulan yang dimiliki Barru juga di antaranya yakni akses jalan darat dan akses pelabuhan laut dengan segenap keunggulan seperti terbangunnya rel kereta api di pesisir barat Pulau Sulawesi. Hal itu, kata dia menjadikan Barru yang memiliki kolam pelabuhan alam terdalam dan potensi pengembangan terluas disertai mitigasi bencana teraman serta posisi strategis.



"Semuanya memenuhi syarat untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Sulawesi Selatan,” paparnya di hadapan beberapa Guru Besar Unhas yang terhimpun dalam TGUPP Sulsel.

Baca Juga: Pelabuhan Garongkong Direncanakan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Kawasan Koridor Pesisir Barat (KPPB) Sulsel memang menempatkan Kabupaten Barru sebagai unggulan utama karena posisinya yang terletak pada poros Sulsel dapat menjadi titik tangkap dan pusat sinergi dari semua kabupaten.

“Dari sisi regulasi, Barru telah sejak awal memiliki rencana detail tata ruang Kawasan Emas (Sepe’e. Mangempang, dan Siawung) dengan komitmen pemerintah dalam bentuk beberapa dukungan produk hukum dan menjadi yang paling siap untuk menjadi pusat kegiatan ekonomi," tambah Alumnus Universitas Hasanuddin ini meyakinkan.

Dukungan untuk menjadi KEK Sulsel juga terlihat dari pertumbuhan ekonomi Barru yang cukup baik. Berdasarkan data resmi, dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, Barru menempati urutan ketujuh untuk laju pertumbuhan ekonomi. Dibawa Bantaeng, Makassar, Soppeng, Selayar, Toraja Utara, dan Gowa.

Beberapa waktu lalu, Bupati Barru, Suardi Saleh, juga menyebut capaian pertumbuhan ekonomi di tahun 2019 sebesar 7,41 persen merupakan kerja keras semua pihak. Baik jajaran pemerintahan, legislatif, pelaku usaha, dan elemen masyarakat. Termasuk aparat keamanan dalam menciptakan suasana yang kondusif dan aman.

“Capaian ini adalah kerja keras dan usaha kita semua untuk terus memajukan daerah kita,” tandasnya.

Baca Juga: Topang Ibu Kota Negara Baru, Pelabuhan di Sulsel Ini Dirancang Jadi KEK



(tri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak