alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Dinas PU Makassar Gunakan Ekskavator Spider Mini Keruk Sedimen

Vivi Riski Indriani
Dinas PU Makassar Gunakan Ekskavator Spider Mini Keruk Sedimen
Dinas PU Makassar menggunakan ekskavator spider mini keruk sendimen kanal. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pengerukan sedimentasi di kanal jadi lebih mudah setelah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar memiliki ekskavator spider mini.

Ekskavator spider mini senilai Rp1,3 miliar ini telah diuji coba di kanal kawasan Kesdam XIV/Hasanuddin Jalan Cendrawasih.

Baca Juga: Dinas PU Makassar Gelontorkan Rp25 Milliar untuk Pembangunan Jalan



Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Nirman Mungkasa menyampaikan ekskavator spider mini ini memiliki kemampuan lebih cepat dalam mengeruk sedimen saluran kanal.

"Ekskavator ini dapat masuk ke saluran, mobilitasnya tinggi dan dapat membantu pengerukan sedimen lebih cepat pada saluran cukup besar," kata Nirman, Selasa (30/6/2020).

Bentuknya yang unik dengan memiliki empat roda menyerupai laba-laba membuatnya alat bisa bergerak cepat dan mudah untuk mengangkat sampah berat dan sedimen pada kanal di Kota Makassar.

Ia pun berharap agar ekskavator ini dapat digunakan secara efektif untuk menanggulangi sedimentasi baik pada saluran sekunder maupun primer

"Kita sulit melakukan pengerukan sedimen secara manual makanya kita butuh alat ini. Kita lihat dulu, kalau efektif kita akan tambah lagi," bebernya.

Baca Juga: Dinas PU Makassar Perlebar Akses Masuk IPAL Losari



(agn)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak