TOPIK TERPOPULER

Menpora Zainuddin Amali Prihatin dengan Kondisi Stadion Mattoanging

Syamsi Nur Fadhila
Menpora Zainuddin Amali Prihatin dengan Kondisi Stadion Mattoanging
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali berbicara kepada awak media usai mengisi kuliah umum di Universitas Hasanuddin, Selasa (23/8/2022). Foto/SINDOnews/Syamsi Nur Fadhilah

MAKASSAR - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali mengungkapkan rasa prihatinnya terkait kondisi Stadion Mattoanging. Ungkapan itu dia sampaikan usai mengisi kuliah umum di Universitas Hasanuddin, Selasa (23/8/2022).

Meski begitu, Menteri Zainuddin mengaku pihaknya tak mampu berbuat banyak untuk membantu penyelesaian pembangunan stadion. Pasalnya, bantuan itu hanya bisa diakomodasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Lelang Pembongkaran Stadion Mattoanging Kembali Diusul

"Saya ini prihatin, tetapi itu (stadion) kan urusannya pemerintah daerah. Yang dibantu oleh pemerintah pusat itu melalui PU. Kami hanya merekomendasikan melalui Kemenpora," ungkap Menteri Zainuddin.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Andi Arwin Azis, justru menghindari wartawan saat ingin dimintai penjelasan lebih lanjut terkait Stadion Mattoanging.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif mendesak pemerintah provinsi untuk melakukan tender pembangunan fisik stadion tahun ini. Sebab, anggarannya sudah disiapkan dalam APBD Pokok 2022.

"Sejak Oktober 2021, DPR sudah mengesahkan anggaran Rp66 miliar. Selanjutnya bagaimana Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga), Biro Barjas (Biro Barang dan Jasa) untuk proses pelelangannya," kata Syaharuddin.

Untuk mendukung percepatan pembangunan, lanjut dia, Pemprov Sulsel juga sudah mengusulkan anggaran Rp55 miliar untuk tahun depan.

"Kami sarankan usulkan Rp200 miliar biar langsung tuntas supaya periodenya Gubernur Andi Sudirman Sulaiman ini langsung punya legacy menyelesaikan stadion," jelasnya.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Stadion Mattoanging Ditender Ulang

Syaharuddin menegaskan, pihaknya akan terus mendorong dinas terkait untuk menyelesaikan proyek ini. Terlebih lagi, anggaran juga sudah ada.

"Kami juga sudah tekan ke Dispora, apa masalahnya sehingga tidak jalan, uangnya sudah ada. Pokoknya tetap jalan. Mau itu APBD Pokok atau Perubahan, pokoknya tahun ini tetap jalan. Itu kami minta di DPRD," tegasnya.





(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!