TOPIK TERPOPULER

Panen Raya Jagung, Andi Utta Ajak Pemuda Tidak Gengsi untuk Bertani

Eky Hendrawan
Panen Raya Jagung, Andi Utta Ajak Pemuda Tidak Gengsi untuk Bertani
Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, menghadiri panen raya Jagung varitas NK 007 Andalan di Desa Bontomasila, Kecamatan Gantarang. Foto: Istimewa

BULUKUMBA - Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, menghadiri panen raya Jagung varitas NK 007 Andalan di Desa Bontomasila, Kecamatan Gantarang.

Di hadapan 300-an warga, bupati yang akrab disapa Andi Utta meyampaikan agar warga dapat memaksimalkan lahan pertanian, sehingga bernilai ekonomi.

Baca Juga: Pemkab Bulukumba Didorong Maksimalkan APBD Perubahan

"Termasuk pemuda milenial, jangan gengsi jadi petani. Jangan hanya bercita-cita untuk jadi ASN saja. Di luar negeri, rata-rata petaninya kaya," katanya.

Sebab, kata Andi Utta, jika lahan pertanian bisa dimaksimalkan dengan baik, maka potensi ekonominya akan lebih besar dibanding gaji seorang ASN.

"Saya saja, punya gaji Rp6 juta. Nah, kalau lahan 1 hektar jagung ini produksinya bisa mencapi 10 ton. Coba hitung, 10 ton kali Rp3.900. Hasilnya kalau dirata-ratakan per bulan, lebih tinggi dibanding gaji saya," ungkapnya.

"Saudaranya kita keluar merantau, ternyata jadi petani. Kenapa tidak jadi petani di daerah sendiri? Kenapa kita tidak olah lahan sendiri?. Dekat dengan keluarga, lahan juga tak kalah," tambah Andi Utta.

Ia juga menyebut, salah satu lahan yang dimanfaatkan dengan baik oleh warga, yaitu tanaman jagung yang dipanen di Bontomasila ini. Petani akan lebih sejahtera jika berani meninggalkan pola lama.

"Kalau dibandingkan dengan padi, maka jagung ini jauh lebih tinggi hitungan ekonominya," ujarnya.

Menurut Andi Utta, jagung tak perlu dibawa keluar Bulukumba. Cukup ditampung di Bulukumba dan tak perlu diopen. Untuk marketnya, pabrik pakan ternak banyak bisa ke Bulukumba.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!