TOPIK TERPOPULER

Buku Dilengkapi Chip, Perpustakaan Kabupaten Gowa Siap Diresmikan

Herni Amir
Buku Dilengkapi Chip, Perpustakaan Kabupaten Gowa Siap Diresmikan
Peletakan batu pertama pembangunan Perpustakaan Umum Gowa dilakukan langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni pada pertengahan 2021 lalu. Foto: Istimewa

GOWA - Perpustakaan Kabupaten Gowa yang berlokasi di Jalan Masjid Raya, Sungguminasa rencananya diresmikan bertepatan dengan Hari Jadi Gowa (HJG) ke-702 Tahun pada bulan November 2022 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa Mustamin Raga mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan seluruh proses pembangunan fisik gedung perpustakaan. Termasuk kebutuhan pendukung lainnya, sehingga sudah siap diresmikan dan dibuka untuk masyarakat umum.

"Perpustakaan ini akan menawarkan ruang literasi (baca) yang nyaman bagi masyarakat atau pengguna perpustakaan (pemustaka)," katanya.

Baca Juga: Petani di Gowa Didorong Lakukan Asuransi Tanaman

Pada pembangunan fisik gedung yang dimulai sejak 2021 lalu bersama kebutuhan lainnya, menggunakan anggaran sekitar Rp9,7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional pada anggaran 2021.

Sementara, untuk anggaran pada penambahan koleksi buku hingga fasilitas penunjang lainnya berasal dari alokasi APBD 2022 Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebesar Rp1,5 miliar.

"Bapak Bupati Gowa menaruh harapan besar bagaimana perpustakaan ini bisa dinikmati masyarakat dengan nyaman sehingga bisa mendorong peningkatan daya baca masyarakat. Makanya selain menganggarkan di APBD 2022, beliau menganggarkan kembali di APBD Perubahan 2022 tahun sebesar Rp1 miliar," terangnya.

Lanjutnya, pada anggaran pemerintah daerah pihaknya melengkapi koleksi bacaan untuk perpustakaan yang dibangun 4 lantai tersebut. Dimana pihaknya menambah buku paper sebanyak 982 judul, dengan masing-masing judul 5 ekslamper (buku paper) atau sebanyak 5.000 buku.

"Sekarang kita ada 12 ribu buku paper yang kami koleksi di perpustakaan. Ini pada semua sektor keilmuan," sebut Mustamin.

Untuk sementara waktu, operasional perpustakaan ini hanya buka pada hari kerja atau Senin hingga Jumat di mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Bagi pengguna perpustakaan yang tidak memiliki member perpustakaan diwajibkan memperlihatkan identitas.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!