Andikpas LPKA Maros Didorong Tingkatkan Budaya Literasi

Minggu, 28 Agustus 2022 - 13:28 WIB
loading...
Andikpas LPKA Maros Didorong Tingkatkan Budaya Literasi
Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros (LPKA Maros), ikuti Kegiatan Rajin Membaca di Perpustakaan Lapas. Foto Istimewa
A A A
MAROS - Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros (LPKA Maros), ikuti Kegiatan Rajin Membaca di Perpustakaan Lapas setempat untuk mendorong budaya literasi.

Kepala LPKA Maros, Tubagus M Chaidir dalam keterangannya, Sabtu (27/08/2022) mengatakan bahwa, kegiatan membaca ini dalam rangka meningkatkan budaya literasi bagi Andikpas.



"Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap hari sebagai bagian dari program pembinaan bagi andikpas. Tujuannya agar mereka yang berada di dalam LPKA Maros tetap bisa mendapatkan berbagai pengetahuan dan ilmu untuk bekal kehidupan ketika selesai menjalani masa pidana," kata Tubagus.

Menurut Tubagus, kegiatan ini wajib diikuti oleh semua Andikpas dan Warga Binaan Pemasyarakatan di LPKA Maros.

Selain itu, di LPKA Maros juga terdapat beberapa kegiatan pembinaan lainnya yakni pengajian rutin, hafidz quran, yasinan malam hari (Yamaha), belajar melukis dan menggambar, kegiatan keaksaraan fungsional dan kegiatan lainnya.

"Para WBP juga diajar berkebun, beternak, membuat meubel, mengelas, perbengkelan dan merakit lemari, dan mini box container," ungkap Tubagus.

Kegiatan literasi juga sering diselenggarakan di Unhas dan digelar oleh mahasiswa dari berbagai kampus di Sulsel. Beberapa waktu lalu, Mahasiswa Unhas juga menyelenggarakan kegiatan literasi dan menyumbang buku ke Perpustakaan Jeruji LPKA Maros serta memberikan buku panduan ujian paket.

Kegiatan ini diapresiasi Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak dan diharapkan bisa digelar di Lapas dan Rutan.

"Ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan terhadap Andikpas dan WBP sehingga perkembangan pengetahuan, mereka juga dapat mengetahuinya," ungkap Liberti.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)