TOPIK TERPOPULER

Pengusulan Danau Matano sebagai Geoheritage Berproses di Pemprov

Fitra Budin
Pengusulan Danau Matano sebagai Geoheritage Berproses di Pemprov
Danau Matano diusulkan geoheritage atau warisan geologi. Foto: Humas Pemkab Luwu Timur

LUWU TIMUR - Pengusulan Matano Geopark dan Sistem Danau Malili di Kabupaten Luwu Timur sebagai geoheritage atau warisan geologi saat ini masih berproses di Pemprov Sulsel. Progresnya sudah 60 persen.

Hal itu diungkap Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapelitbanda Kabupaten Luwu Timur, Saipul. Dia menyampaikan, pengusulan ini disampaikan per Maret lalu.

Baca juga: Spanduk Tolak Pelaksanaan Festival Danau Matano Terpasang di Nuha

"Pada bulan Maret kemarin kita telah masukan pengusulan untuk geoheritage, dan telah diterima oleh Gubernur, lalu diakomodir untuk ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel," kata dia, Senin (29/8/2022).

"Bahkan kita juga sudah dipanggil untuk ikut ekspo di provinsi, dan kami diberitahukan. Sisa akan dilakukan peninjauan secara langsung," tambah Saipul.

Jika progresnya sudah 100 persen, sambung Saipul, maka akan terbit SK dari kementerian terkait.

Baca juga: Potensi Wisata Danau Matano jadi Perhatian Gubernur Sulsel

Matano Geopark, jelas Saipul, memiliki banyak keunikan, di mana dari geopark yang ada Sulsel, belum ada yang seperti Danau Matano, yang terbentuk karena patahan.

"Di Sulawesi Selatan kan baru ada Maros sama Pangkep dan geoparknya itu berupa budaya, dan untuk saat ini pengusulan geopark di Sulawesi Selatan ada 3 daerah di mana ada Toraja, Bone dan Luwu Timur sediri," kata dia.

"Matano Geo Park ini saat ekspo di Makassar mendapatkan pandangan positif dari para ahli geologi, di mana baru pertama di Indonesia geopark yang terbentuk dari patahan, bisa kita cek bersama di internet," tambah Saipul.

Baca juga: Kampung Taipa di Pesisir Danau Matano Jadi Lokasi Wisata

Namun, kata Saipul, keterlambatan pengurusan Geo Park ini dikarenakan peninjauan lapangan setelah ekspo oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel belum ada jadwal.

Untuk diketahui, geopark didefinisikan sebagai sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka, termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di dalamnya. Masyarakat setempat diajak berperan-serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.



(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!