TOPIK TERPOPULER

Program Jamban Sehat di Bantaeng Sasar Ratusan Rumah

Eky Hendrawan
Program Jamban Sehat di Bantaeng Sasar Ratusan Rumah
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, melakukan peletakan batu pertama pembangunan jamban sehat di Desa Mappilawing, Kecamatan Eremerasa, Senin (29/8/2022). Foto/Istimewa

MAKASSAR - Sebanyak 400 rumah di Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng, tersentuh dengan program Hibah Air Limbah Setempat (HALS). Program tersebut berupa pembuatan jamban sehat dengan skala per rumah.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, melakukan peletakan batu pertama pembangunan jamban sehat di Desa Mappilawing, Kecamatan Eremerasa, Senin (29/8/2022). Pembangunan jamban sehat akan dilakukan di tiga desa di kecamatan yakni Desa Mappilawing, Desa Lonrong dan Desa Kampala.

Baca Juga: Pemkab Bantaeng Minta Penambahan Kuota Haji 

Koordinator Program HALS Bantaeng, Herul Ma'ruf, mengatakan program ini menyentuh rumah-rumah yang menjadi prioritas untuk jamban sehat. Dia mengatakan hal ini dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kecamatan Eremerasa.

Dia mengatakan ada beberapa desa yang menjadi prioritas untuk program ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari pencemaran lingkungan terhadap bakteri e-colli.

"Kami mendapati beberapa sampel sungai yang sudah mulai tercemar bakteri e-colli. Oleh karena itu, program ini kita lakukan untuk menekan pencemaran di sungai ini," jelas dia.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pendataan mengenai dimana saja titik yang akan mendapat program ini di tahun mendatang. Pendataan dilakukan dengan sistem Geografi Information Service (GIS). Dia menyebut, data ini juga bisa menjadi acuan untuk pemerintah Kabupaten melakukan intervensi terhadap program kesehatan lingkungan.

"Kami menandai rumah-rumah yang membutuhkan program jamban sehat ini. Sehingga, tahun ke depan, kita sudah bisa mengarahkan bantuan ke rumah-rumah tersebut," jelas dia.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, mengatakan program ini adalah bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakatnya. Dia menyebut, pemerintah hadir untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan kebutuhan dasar warga.

"Kesehatan ini hal yang paling mendasar. Tidak mungkin kita mencapai produktifitas yang baik kaau aspek kesehatan masyarakat tidak terpenuhi," jelas dia.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!