TOPIK TERPOPULER

PCR Dihilangkan, Penumpang Pesawat Diwajibkan Sudah Vaksin Booster

Najmi S Limonu
PCR Dihilangkan, Penumpang Pesawat Diwajibkan Sudah Vaksin Booster
Barcode aplikasi Peduli Lindungi tampak terpasang di pintu masuk penumpang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Foto: SINDOnews/Najmi S Limonu

MAKASSAR - Kementerian Perhubungan kembali mengeluarkan surat yang berisikan persyaratan perjalanan dalam negeri (PPDN).

Surat yang bernomor 82 tahun 2022 ini berisikan perihal petunjuk pelaksanaan PPDN, berdasarkan surat-surat edaran Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 24 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri Pada Masa Pandemi.

Baca juga: Aturan Penerbangan Kembali Berubah, Vaksin Covid-19 Dosis 1-2 Wajib RT PCR

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Iwan Risdianto menjelaskan, dalam aturan baru tersebut tertuang, bagi orang yang melakukan perjalanan untuk usia 18 tahun ke atas, tidak perlu lagi melakukan tes PCR Covid-19. Meski begitu, mereka wajib mendapatkan vaksinasi dosis tiga atau booster pertama.

"Dalam surat tersebut dinyatakan, pemerintah resmi meniadakan tes Covid-19 seperti tes antigen atau RT-PCR sebagai syarat perjalanan. Namun mewajibkan vaksin booster," ujarnya kepada awak media saat dihubungi di Bandara Sultan Hasanuddin, Senin (29/8/2022) siang.

Dia mengatakan, berdasarkan aturan yang ada, untuk calon penumpang yang baru melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua, maka tidak diperbolehkan melakukan penerbangan.

"Mereka tidak diizinkan untuk terbang. Makanya pihak bandara menyediakan layanan vaksinasi booster di area keberangkatan," ungkapnya.

Untuk vaksinasi booster itu sendiri kata Iwan, pihak pengelola Bandara Internasional Sultan Hasanuddin bekerja sama dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar.

Baca juga: Personel ARFF Bandara Sultan Hasanuddin Uji Kekuatan dan Ketangkasan

"Jadi yang belum vaksin booster, mereka bisa kok melakukan vaksin booster di bandara. Layanan ini mulai terbuka sejak pukul 08.00 pagi sampai pukul 12.00 siang," tegasnya.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!