Luwu Utara Identifikasi Kebutuhan Material Pembangunan IKN

Senin, 29 Agustus 2022 - 23:08 WIB
loading...
Luwu Utara Identifikasi Kebutuhan Material Pembangunan IKN
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bakal menyiapkan dan mengidentifikasi bahan material yang dibutuhkan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Hal itu disampaikan oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam forum rapat Koordinasi Peranan Provinsi Sulawesi Selatan dalam pembanguna IKN dan penyelenggaraan pelatihan SIPJAKI yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemprov Sulsel di Novotel Makassar. Senin, (29/08/2022).



Menurutnya dari data terkait kebutuhan matetial, SDM dan kebutuhan lain dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara banyak potensi yang bisa dimanfaatkan pemerintah Kabupaten dan kota di Sulsel .

"Hari ini kita banyak mendaparkan informasi bukan hanya terkait rencana pemerintah di IKN. Tapi hari ini kita sudah bicara kebutuhan dalam pembangunan IKN, sampai berapa material, brapa SDM yang dibutuhkan," ungkap Indah.

Ia menambahkan, bicara soal material batu cipping misalnya, di Kalimantam Timur material itu sulit dipenuhi apalagi dalam jumlah yang besar karena Kalimantan Timur memiliki tanah yang gambut.

"Tinggal informasinya harus di masifkan lagi. Saya lihat banyak sekali potensinya apa lagi bicara mateial batu, pasir. Ini juga akan membuka peluang infestasi baru di daerah dan itu akan sangat membantu daerah untuk pulih dan tidak semata me gandalkan Tranfer Keuangan Daerah dan Desa (TKDD)," jelasnya.

"Pembangunan IKN ini ada potensi untuk meningkatkan PAD daerah kita. Tinggal informasinya saja yang perlu d masifkan ke daerah material apa saja yang dibutuhkan, pasir seperti apa yang dibutuhkan, dan lain lain. Karena yakin dan percaya meterial yang dibutuhkan itu harus dicari ke daerah daerah. Nah disitulah peluang yang bisa kita manfaatkan," sambungnya.

Pengurus Bidang V Program Rencana Kerja, Pemantauan dan evaluasi Lembaga Pegembangan Jasa Konstruksi (LPJK), Dr Syarif Burhanuddin yang hadir sebagai pembicara menyampaikan, pemerintah daerah harus jeli melihat peluang dari pembanginan IKN ini.



"Harus mengidentifikasi material yang ada di daerah masing masing. Apa saja yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan material dalam pembangunan IKN. Mulai dari material pasir, batu dan material lain nya dan pastin nya itu tidak hanya dari satu daerah saja nah Sulawesi Selatan adalah satau wilayah yang terdekat dari IKN," kata Syarif.

Secara Geoekonomi, wilayah Sulawesi Selatan terutama di kawasan Pantai Barat akan menjadi kawasan strategis sebagai wilayah penghubung, dukungan pasokan sumber daya untuk menunjang pembangunan dan aktivitas di Kalimantan Timur akan mampu meningkatkan kekuatan ekonomi wilayah wilayah tersebut.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5354 seconds (0.1#10.140)