TOPIK TERPOPULER

Genggam Ratusan Buku Lewat Aplikasi I-Gowa

Herni Amir
Genggam Ratusan Buku Lewat Aplikasi I-Gowa
Salah satu pengguna I-Gowa saat mengakses fitur-fitur bacaan yang ada dalam aplikasi. Foto: SINDOnews/Herni Amir

GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menghadirkan aplikasi perpustakaan digital (digital library). Aplikasi ini hadir untuk mendorong minat baca masyarakat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Bernama I-Gowa, aplikasi tersebut dapat diakses melalui play store smartphone android.

Baca juga: Harga Telur Ayam di Kabupaten Gowa Capai Rp60 Ribu per Rak

"Sebelum aplikasi digunakan, pengguna diminta untuk mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran gratis dan mudah, hanya menggunakan email dan nomor telepon untuk verifikasi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa, Mustamin Raga, Senin (29/8/2022).

I-Gowa menurut Mustamin diluncurkan sejak 2021 lalu, dengan menyediakan 200 buku. Kemudian di 2022 ini pihaknya kembali menambahkan 1.200 buku. Sekarang total buku yang bisa dibaca ada 1.400 dalam aplikasi tersebut. Buku-buku yang ada beragam, novel, resep, atau bacaan lainnya.

Saat membaca buku lewat I-Gowa, akses yang diberikan hanya durasi dua hari untuk satu buku. Di mana saat diklaim untuk dipinjam, maka otomatis buku tersebut tidak dapat diakses oleh pengguna lainnya, sebab dalam status pinjam. Sementara jika dalam dua hari buku belum tuntas dibaca maka secara otomatis buku kembali ke beranda untuk diakses pengguna lainnya.

Baca juga: Ribuan Relawan Gowa Berua Ramaikan Kirab di Lapangan Bontocarade

"Jadi memang harus dibaca cepat, karena jika lewat dua hari buku akan hilang di fitur pinjaman buku yang ada di aplikasi," jelasnya.

Dalam I-Gowa terdapat lima fitur yang dapat diakses pengguna. Pertama, fitur Kategori Buku yang di dalamnya terdapat ribuan koleksi buku dalam format e-book. Kedua, fitur Kategori ePustaka yang di dalamnya membagi jenis buku.

Antara lain, SMA BSE yang menyiapkan 111 koleksi buku pelajaran SMA, SMP BSE yang menyiapkan 227 koleksi buku pelajaran SMP, dan SD BSE yang menyiapkan 350 buku bacaan untuk jenjang SD.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!