Sejahterakan Pegawai, RSUD Andi Makassau Akan Bentuk Koperasi

Rabu, 01 Juli 2020 - 21:28 WIB
loading...
Sejahterakan Pegawai, RSUD Andi Makassau Akan Bentuk Koperasi
Gedung RSUD Andi Makkasau Kota Parepare. Foto/Istimewa
A A A
PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare terus melakukan inovasi dan terobosan. Salah satunya mewacanakan pendirian koperasi karyawan (kopkar). Pendirian koperasi dilakukan sebagai upaya mensejahterakan karyawan atau pegawai.

Ketua Dewan Pengawas RSUD Andi Makkasau Parepare, Minhajuddin Achmad, mengatakan keberadaan kopkar ini diyakini bisa meningkatkan kesejahteraan karyawan, baik yang berstatus organik maupun yang non-organik.

Sebagai eks pengawas koperasi, Minhajuddin menjelaskan teknis mensejahterakan pegawai melalui koperasi yang di dalamnya terdapat warung serba ada (waserda).



"Dengan dibentuknya nanti koperasi, kita akan kembangkan waserda, simpan pinjam dan kantin yang bisa dikelola oleh koperasi. Ini merupakan potensi yang besar untuk pegawai yang ada di RSUD Andi Makkkasau," papar Minhajuddin.

Minhajuddin yang juga mantan anggota DPRD Parepare mengatakan dengan adanya koperasi karyawan juga dapat mempermudah proses pelayanan kepada masyarakat, termasuk pasien atau pengunjung.

Jika waserda dalam koperasi sudah didirikan, kata Minhajuddin, maka apa yang dibutuhkan masyarakat dapat terlayani. "Jadi tidak perlu keluar masuk membeli kebutuhannya karena semua sudah tersedia di waserda koperasi. Tentu ini akan berimbas pula kepada kesejahteraan pegawai atau karyawan," jelas dia.

Sebagai langkah awal, akan dilakukan pertemuan bersama Managemen RSUD Andi Makkasau untuk membahas segala hal yang terkait dengan akta pendirian koperasi itu. "Nantinya akan melahirkan rekomendasi untuk dibawa ke notaris dan segera dibuat akta pendirian kopkar RSUD Andi Makkasau," katanya.

Baca Juga: RSUD Andi Makkasau Optimalkan Pelayanan Tiga Program Baru

Wakil Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan RSUD Andi Makkasau, Cenrara, mengatakan wacana pendirian kopkar merupakan rekomendasi Dewas RSUD Andi Makkasau atas tindak lanjut penilaian pelayanan publik yang menginginkan adanya kantin dan mini market di rumah sakit.

Jika terealisasi, nantinya kopkar tersebut akan menjadi koperasi pertama yang didirikan di RSUD Andi Makkasau. Dan dengan adanya kopkar, kata Cenrara lagi, pihaknya berharap mengelola kantin dan mini market dapat menunjang pelayanan rumah sakit.

"Sehingga keluarga pasien tidak perlu lagi mondar-mandir, keluar masuk untuk membeli kebutuhan sehari-hari karena semuanya sudah tersedia di kantin koperasi rumah sakit," tandas Cenrara.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)