TOPIK TERPOPULER

5 KPU di Sulsel Jaring Ratusan Pemilih Pemula

Muhaimin Sunusi
5 KPU di Sulsel Jaring Ratusan Pemilih Pemula
Jajaran anggota KPU Kabupaten Pangkep dalam sebuah kegiatan beberapa waktu yang lalu. Foto: Humas KPU Pangkep

MAKASSAR - Lima KPU kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) menjaring ratusan pemilih pemula. Data ini merupakan hasil rekapitulasi pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (PDPB) periode Agustus 2022.

Kelima KPU tersebut ialah Toraja Utara, Pangkep, Bantaeng, Tana Toraja dan Luwu Utara. Paling besar yang menjaring pemilih pemula yakni Toraja Utara.

Baca juga: Diinisiasi Ketua DPRD, 8 Parpol Pengusung Bakal Voting Cawabup Lutim

KPU Torut menjaring sebanyak 2.127 potensi pemilih baru. Di mana semuanya masuk dalam kategori pemula yakni 981 laki-laki dan 1.146 perempuan.

"Mereka ini merupakan siswa SMK dan SMA yang usianya baru masuk 17 tahun dan sudah perekaman. Datanya kami dapat dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan," kata Komisioner KPU Toraja Utara, Simoen Sarira, Kamis (1/9/2022).

Simeon mengatakan, jumlah pemilih pemula ke depan masih akan bertambah. Sebab Dinas Pendidikan dan Kependudukan terus berjalan ke sekolah-sekolah untuk perekaman.

"Dan jumlah ini akan terus bertambah. Karena memang harus selesai perekaman dulu, baru kita masukkan," ujar Simeon.

KPU Pangkep menjaring 322 pemilih pemula. Mereka didominasi oleh pemilih yang usianya baru memasuki 17 tahun.

Baca juga: Partai Berkarya di Sulsel Terancam Ditinggal Legislator

"Untuk pemilih pemula mereka baru melakukan perekaman KTP Elektronik dan usianya sudah 17 tahun. Jadi baru kita masukkan setelah melakukan perekaman KTP Elektronik," kata Komisioner KPU Pangkep, Rohani.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!