Ini Tips Cegah Corona ala Ketua Tim Penggerak PKK Parepare

Senin, 27 April 2020 - 13:14 WIB
loading...
Ini Tips Cegah Corona ala Ketua Tim Penggerak PKK Parepare
Ketua TP PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan berbagi tips cegah virus corona. Foto : SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Parepare,Erna Rasyid Taufan, berbagi tips cara mencegah penularan virus corona, covid-19. Kata Ernapenularan virus Covid-19 dapat diputus jika setiap warga dapat mengaplikasikan delapan fungsi keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

Delapan fungsi keluarga tersebut,lanjut Erna, diantaranya agama keluarga, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan.

Menurut Erna, semua bentuk tingkah laku anggota keluarga berawal dari keluarga. Cara yang dapat ditempuh melalui fungsi ini adalah menjaga kelestarian lingkungan sekitar, menciptakan lingkungan yang aman, bersih, sehat dan damai," papar Erna.

Dikemukakan Erna, dengan memaksimalkan fungsi agama dalam keluarga, bisa memberi pemahaman pada anggota keluarga terhadap kehidupan beragama. "Misalnya mengajarkan mengaji dan membaca kitab suci, keberadaan Tuhan Yang Maha Esa, dan patuh dan taat dalam menjalankan perintah Allah," jelas Erna.

Dan dengan fungsi sosial budaya, tambah Erna, memiliki makna bahwa perkembangan anak keluarga atau anggota keluarga mempunyai peranan penting dalam menanamkan pola tingkah laku dalam hidup bermasyarakat. "Dan dengan memelihara fungsi cinta dan kasih sayang, akan memberi dampak positif seperti rasa aman, serta perhatian di antara anggota keluarga," ujarnya.

Dengan menerapkan fungsi keluarga, kata Erna lagi, pihaknya berharap ke depan masyarakat bisa lebih meningkatkan kewaspadaan dalam upaya melindungi keluarga dari paparan virus corona.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)