Akmal Malik Sebut Pemerataan Pembangunan Daerah Mendukung IKN

Jum'at, 02 September 2022 - 16:06 WIB
loading...
Akmal Malik Sebut Pemerataan Pembangunan Daerah Mendukung IKN
Pj Gubernur Sulbar memaparkan pentingnya pemerataan pembangunan di daerah, untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN). Foto: Istimewa
A A A
MAMUJU - Pj Gubernur Sulbar memaparkan pentingnya pemerataan pembangunan di daerah, untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN) yang sementara dikerjakan.

Hal ini disampaikan saat Sulbar kembali menjadi tuan rumah pertemuan regional Pemda se Sulawesi-Kalimantan, di Grand Maleo Hotel Mamuju, Kamis, (1/09/2022).



Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik menyampaikan pertemuan itu untuk membahas rencana pembangunan. Sebagaimana tema pada pertemuan itu "Pemerataan pembangunan daerah melalui pembangunan IKN" diharapkan daerah penopang IKN meningkatkan koordinasi dan kolaborasi ke depan.

"Pertemuan ini mempererat silaturahmi dan momentum bagi kita meningkatkan koordinasi dalam mendukung IKN," ujar Akmal Malik dalam sambutannya.

Akmal menjelaskan, saat pandemi kemarin mengajarkan agar ke depan mendorong pertumbuhan ekonomi tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa. Karenanya penting meningkatkan arus perdagangan di setiap wilayah. Salah satu sektor yang bisa didorong adalah mengoptimalkan konektivitas wilayah.

"Tidak ada pilihan selain membuka akses. Mendorong konektifitas untuk mewujudkan pemerataan pembangunan," terang Dirjen Otoda Kemendagri ini.

Dengan begitu, kata Akmal, Sulbar dengan PDRB kecil dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain baik Sulsel dan Sulteng.



Dia pun berharap untuk provinsi di Sulawesi segera berbenah, melakukan konsolidasi memperioritaskan infrastruktur strategis yang mendukung IKN.

"Begitu juga di Sulbar saat ini terus mendorong infrastruktur perhubungan, kita ingin setiap kabupaten memiliki pelabuhan, dan rencana kedepan bangun bandara perintis di dia kabupaten, Polman dan Pasangkayu ," papar Akmal Malik

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7131 seconds (0.1#10.140)