Jet Tempur F-16 AS Jatuh dan Meledak, Pilot Tewas, Penyebabnya Misterius

Rabu, 01 Juli 2020 - 19:14 WIB
loading...
Jet Tempur F-16 AS Jatuh dan Meledak, Pilot Tewas, Penyebabnya Misterius
Jet tempur F-16CM Fighting Falcon Angkatan Udara Amerika Serikat jatuh di Shaw Air Force Base, Selasa (30/6/2020) malam. Foto/US Air Force AMN/NCO/Facebook SNCO
A A A
SHUMTER COUNTY - Sebuah pesawat jet tempur F-16CM Fighting Falcon Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) jatuh dan meledak di sebuah pangkalan militer di South Carolina, Selasa malam waktu setempat. Seorang pilotnya dinyatakan tewas.

Insiden terjadi di Shaw Air Force Base (AFB) atau Pangkalan Angkatan Udara Shaw sekitar pukul 23.30 malam. Pesawat F-16 yang jatuh tersebut ditugaskan untuk Sayap Tempur ke-20 (20th Fighter Wing).

Para pejabat di Shaw AFB mengatakan bahwa pesawat itu sedang dalam misi pelatihan rutin dengan satu pilot di dalamnya ketika kecelakaan itu terjadi.

Tim respons darurat Shaw AFB ada di lokasi kejadian. Petugas Sumter County Fire and Rescue juga ikut membantu menangani kecelakaan. (Baca: Jet Tempur Siluman F-35 AS Senilai Rp1,3 Triliun Jatuh di Florida )

Pilot dibawa ke Prisma Tuomey Hospital untuk perawatan di mana dia kemudian dinyatakan meninggal.

Penyebab kecelakaan belum diketahui dan identitas pilot belum dirilis. Menurut Shaw AFB, insiden ini sedang diselidiki.

"Karena menghormati dan mempertimbangkan keluarga (pilot), kami meminta kesabaran Anda dan untuk menghindari spekulasi sampai kami merilis lebih banyak informasi," kata para pejabat Shaw AFB, seperti dikutip Stars and Stripes, Rabu (1/7/2020).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)