TOPIK TERPOPULER

Pengamat Komunikasi Unhas Kritik Legislator Riezky, PDIP Diminta Recall dari DPR RI

Tri Yari Kurniawan
Pengamat Komunikasi Unhas Kritik Legislator Riezky, PDIP Diminta Recall dari DPR RI
Pengamat komunikasi politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Hasrullah. Foto/SINDOnews/Tri Yari Kurniawan

MAKASSAR - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Hasrullah, mengkritisi gaya komunikasi legislator PDIP, Riezky Aprilia, yang terkesan kasar pada rapat kerja dengan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, beberapa waktu lalu. Tindakan dan ucapan Riezky dinilai merusak citra dan melukai marwah DPR maupun PDIP.

Diketahui, Riezky dan Menteri Syahrul sempat berdebat, bermula dari pernyataan 'salah makan obat' dari sang legislator. Riezky juga tampak berulang kali menunjuk Menteri Syahrul pada forum resmi tersebut dan memotong pembicaraan unsur pimpinan Komisi IV DPR RI, Rusdi Masse.

Baca Juga: Mentan Pastikan Produksi Bawang Merah Melimpah

Menurut Hasrullah, tindakan dan ucapan Riezky itu tidak seharusnya terjadi, apalagi pada forum resmi. Terlebih, statement 'salah makan obat' sebenarnya sudah keluar dari konteks. Olehnya itu, ia mendorong Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI maupun PDIP untuk bertindak. Toh, persoalan ini sudah dilaporkan ke MKD DPR RI.

"Tidak semestinya menyampaikan dengan gaya sarkasme. Lalu, pernyataan 'salah makan obat' itu sudah di luar konteks. Olehnya itu, saya harapkan MKD untuk memeriksa dan melakukan persidangan, karena dia (Riezky) tidak hanya membawa dirinya tapi juga membawa marwah DPR," ungkap Hasrullah, Sabtu (3/9/2022).

Bukan cuma diproses di MKD DPR RI, Riezky disebutnya mesti diproses di internal PDIP. Toh, apa yang dilakukan Riezky bukan sebatas atas nama pribadi, tapi juga mewakili partainya. Disarankannya agar PDIP mengganti atau me-recall Riezky dari dewan. Pasalnya, bisa saja berpengaruh ke elektabilitas partai lantaran sosok yang diserang Riezky yakni Menteri Syahrul merupakan tokoh yang cukup berpengaruh di Kawasan Timur Indonesia.

"(MKD) DPR RI harus periksa Riezky dan PDIP me-recall yang bersangkutan. Anggota yang seperti ini tidak pantas duduk mewakili PDIP. Sudah sepantasnya PDIP menarik kadernya itu dan mengganti dengan yang lain, jangan sampai merusak marwah partai, jangan sampai menurunkan suaranya di kawasan timur," paparnya.

Baca Juga: Mentan Pastikan Ekspor Pertanian Tidak Terganggu Corona

Lebih jauh, Hasrullah juga menyebut sikap Riezky sangat bertentangan dengan pimpinan PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang dikenal santun. Ia mengingat pada masa orde baru, meski disakiti tapi Megawati tidak pernah sampai mengeluarkan kata-kata kasar. Toh, dalam menyampaikan pendapat sejatinya mesti menghormati lawan bicara.

Adapun insiden statement 'salah makan obat' itu sudah dilaporkan oleh DPP Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT IB) pada Kamis (1/9/2022). Pernyataan Riezky dinilai tidak beretika sebagai wakil rakyat. Adapun Riezky menghormati hak masyarakat atas aduan ke MKD DPR RI namun dirinya menegaskan apa yang dilakukan saat rapat kerja dengan Menteri Syahrul sebatas menjalankan amanah UU untuk menyampaikan pendapat.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!