Pesawat Garuda Keluar Landasan, 14 Penumpang dan 12 Kru Selamat

Rabu, 01 Juli 2020 - 22:37 WIB
loading...
Pesawat Garuda Keluar Landasan, 14 Penumpang dan 12 Kru Selamat
Pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta keluar landasan saat hendak take-off di Bandara Hasanuddin Makassar. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Insiden pesawat Garuda Indonesia yang keluar landasan di Bandara Internasional Sultan Hasanudin Makassar , Rabu (1/7/2020), dipastikan tidak menelan korban jiwa. Seluruh penumpang dan kru pesawat rute Makassar-Jakarta itu dilaporkan selamat. Saat ini, mereka bahkan sudah dievakuasi ke terminal.

Insiden itu sendiri terjadi pada pukul 18:56 WITA. Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-613 itu diketahui mengangkut 14 penumpang dan 12 kru. Pesawat tersebut keluar landasan saat hendak lepas landas alias take-off di runaway 21.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan, membenarkan seluruh penumpang dan kru pesawat Garuda selamat dan sudah dievakuasi. Insiden itu juga dipastikannya tidak mengganggu operasional bandara setempat.

"Berkat kesigapan personel AMC dan ARFF Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, insiden ini segera dapat ditangani dan penumpang langsung dievakuasi. Insiden ini tidak berdampak terhadap operasional penerbangan selanjutnya karena Bandara Sultan Hasanuddin memiliki dua runway," kata Handy, dalam keterangan persnya.



Meski demikian, imbas kejadian tersebut, runway 21 Bandara Hasanuddin Makassar ditutup hingga pukul 24.00 WITA berdasarkan NOTAM A1460/20. Selanjutnya, proses lepas landas dan mendarat dialihkan ke runway 13-31. Penerbangan berikutnya pun tidak mengalami keterlambatan.

Ia melanjutkan pesawat Garuda yang keluar landasan itu pun dilaporkan tidak mengalami kerusakan berarti. Pesawat yang mengalami insiden itu diketahui bertipe Airbus 330-300 dengan nomor registrasi PK-GHD.

Stakeholder Relation Manager Bandara Hasanuddin, Iwan Risdianto, sebelumnya mengklarifikasi bahwa pesawat Garuda Indonesia GA-613 itu bukannya tergelincir, tapi keluar landasan. Toh, insiden terjadi saat pesawat hendak lepas landas, bukan saat hendak mendarat.

"Kami sampaikan benar bahwa ada kejadian pesawat Garuda Indonesia GA613 tujuan UPG - CGK yang keluar jalur ke runway sebelum lepas landas pada pukul 18.56 WITA. Pesawat tidak tergelincir," kata Iwan.

Soal penyebab pesawat keluar landasan, Iwan mengaku belum diketahui. Sampai saat ini, lanjutnya, pihak terkait masih melakukan pemeriksaan. "Untuk saat ini masih dalam tahap investigasi," tandasnya.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6197 seconds (0.1#10.140)