Menparekraf Siapkan Langkah Strategis Atasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Rabu, 07 September 2022 - 22:18 WIB
loading...
Menparekraf Siapkan Langkah Strategis Atasi Dampak Kenaikan Harga BBM
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani prasasti Desa Wisata Campaga, Bantaeg, Sulawesi Selatan masuk dalam 50 Desa Wisata ADWI 2022. Foto/Antara
A A A
BANTAENG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyiapkan langkah strategis di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM.

"Kami akan menyiapkan langkah-langkah strategis agar wisatawan tetap berkunjung ke destinasi wisata dan penjualan ekonomi kreatif tidak terlalu terdampak secara signifikan," kata Sandiaga di sela kunjungan ke Kampung Wisata Campaga, Kelurahan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Rabu (7/9/2022).


Langkah strategis itu di antaranya memberikan pelatihan dan pendampingan pada pengelola destinasi wisata agar pengelolaan keuangannya lebih baik, juga membantu dalam akses pembiayaan dan pemasaran.

Saat ini, Kemenparekraf sedang menghitung secara cermat dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami sedang menghitung secara cermat dampak pada pariwisata, terutama yang terpicu dari kenaikan biaya transportasi dan juga bahan baku ekonomi kreatif," ujar Sandiaga.

Dia mengakui, kondisi saat ini sangat sulit bagi pelaku industri pariwisata, ekonomi kreatif dan masyarakat pada umumnya.


Menurut dia, beban hidup semakin berat. Oleh karena itu, ia berharap agar semua pihak lebih banyak berempati dan mengulurkan bantuan pada yang membutuhkan.

"Pemerintah juga akan hadir dengan tambahan bantuan sosial pada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Selain itu terpenting, lanjut Sandi, bagaimana menyikapi kesulitan itu dengan bergandengan tangan untuk terlepas dari masa-masa sulit.

Dengan saling bahu-membahu dan gotong royong sesuai jati diri bangsa, diyakini dapat terlepas dari persoalan yang sulit.

Kehadiran Sandiaga dan rombongan ke Desa Wisata Campaga untuk melihat secara dekat salah satu potensi wisata di Kabupaten Bantaeng, Sulsel.

Desa Wisata Campaga masuk salah satu dari 50 Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022. Penghargaan ADWI 2022 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kemenparekraf.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)