alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kunjungi Kemendagri, Bantaeng Minta Usia Pernikahan Dinaikkan

Arisman Majid
Kunjungi Kemendagri, Bantaeng Minta Usia Pernikahan Dinaikkan
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin saat berkunjung ke Kemendagri. Foto : Istimewa

JAKARTA - Pernikahan dini dua bocah SMP, Syamsuddin (15 tahun) dan Fitra Ayu (14 tahun) yang terjadi beberapa waktu yang lalu ternyata menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Bantaeng. Pemkab bahkan secara mempertanyakan aturan tersebut ke Biro Hukum Kemendagri di Jakarta.

"Pasal yang menerangkan usia yang dibolehkan bagi warga negara untuk menikah kami harap dapat dinaikkan lebih tinggi lagi minimal 20 tahun," tukas
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin dalam Rilis yang terima SINDOnews, Minggu (06/05/2018).

Ia mengaku sengaja ke Kemendagri untuk mempertanyakan aturan tersebut bersama sejumlah pejabat Pemkab Bantaeng. Disamping pemberlakuan aturan yang telah ada sebelumnya. Dia menginginkan dilakukan penyempurnaan terhadap Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.



"Sebaiknya dilakukan peninjauan kembali atau revisi jika memungkinkan," tambahnya.

Niatan dan keseriusan Pemkab Bantaeng pun ditanggapi positif oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Melalui Biro Hukum dengan memberikan beberapa tips terkait upaya pencegahan dan penanganan masalah perkawinan anak di daerah.

Disamping itu juga akan mengakomodir dan memfasilitasi keinginan Pemkab Bantaeng dalam upaya mendorong terbitnya Perppu Pencegahan Perkawinan Anak kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).

"Semoga Solusi yang diberikan untuk pencegahan perkawinan anak dapat diinplementasikan bersama OPD terkait. Sekaligus mendorong Perppu Pencegahan Perkawinan Anak segera disahkan menjadi Undang Undang di DPR," kata Kabid PPPA Bantaeng Syamsuniar Malik.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads