Dorong UMKM Naik Kelas, PNM Hadirkan 10.000 Peserta Talkshow Online

Kamis, 08 September 2022 - 15:36 WIB
loading...
Dorong UMKM Naik Kelas, PNM Hadirkan 10.000 Peserta Talkshow Online
Melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), PKM menghadirkan sebanyak 10.000 peserta dalam Talkshow online dengan tema Ibu Mekaar Sehat Keluarga Sejahtera pada Kamis (8/9/2022). Foto ist
A A A
JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus mendorong dan meningkatkan kemampuan serta kualitas produk UMKM agar naik kelas dan semakin kuat. Melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), PNM pusat menghadirkan sebanyak 10.000 peserta dalam Talkshow online dengan tema “Ibu Mekaar Sehat Keluarga Sejahtera” pada Kamis (8/9/2022).



Kegiatan ini juga disambut oleh Ibu Maimun Bakri selaku Pemimpin PNM Cabang Makassar. Menurut Maimun Bakri, peran UMKM untuk merealisasikan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia sangat besar.

"PNM sebagai salah satu Holding Ultra Mikro yang dibentuk pemerintah khusus untuk memberikan pemberdayaan UMKM terus mendukung dan meningkatkan kemampuan serta kualitas nasabahnya agar terus berkembang dan naik kelas," ungkap Maimun Bakri.

Materi yang disampaikan dalam acara ini meliputi pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

Talkshow ini, lanjut dia, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan keluarga bagi Ibu-ibu Mekaar. Selain itu, talkshow ini juga merupakan pemberdayaan melalui 3 Modal PNM (finansial, intelektual, dan sosial).

Modal finansial merupakan program modal usaha tanpa jaminan pinjaman dan bersifat kelompok serta mempunyai sistem tertanggung. Modal intelektual merupakan program PKU melalui pelatihan yang diberikan kepada nasabah untuk bisa upgrade dan berkembang sehingga bisa naik kelas dan mandiri.

"Modal sosial merupakan program pelatihan kepada nasabah agar dapat berinteraksi dan melakukan pertukaran bisnis ekonomi dalam satu ekosistem, dengan tujuan mendorong para nasabah agar mampu memberdayakan masyarakat di sekitar mereka," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini hadir juga dr Reisa Broto Asmoro selaku Duta Adaptasi Kebiasaan Baru. Reisa menyampaikan pentingnya para ibu dalam mengelola kesehatan dan tingkat stres, sehingga keluarga bisa meningkatkan perilaku yang sehat.

“Saya harap Ibu-ibu bisa meningkatkan ilmu pengetahuan serta bisa mensejahterakan keluarga” kata dr. Reisa Broto Asmoro.

Diketahui, hingga 5 September 2022 PNM telah disalurkan pembiayaan sebesar Rp138,98 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,61 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.8032 seconds (0.1#10.140)