TOPIK TERPOPULER

Kolesterol Langsung Turun setelah Minum 3 Ramuan Herbal Ampuh Ini

Kevi Laras
Kolesterol Langsung Turun setelah Minum 3 Ramuan Herbal Ampuh Ini
Kolesterol tinggi dapat diturunkan dengan cara alami, salah satunya menggunakan ramuan herbal. Foto/Freepik

JAKARTA - Ramuan herbal ternyata bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi kadarnya. Proses penurunan kolesterol menggunakan ramuan herbal ini juga sangat alamiah ataupun obat.

Baca juga: Disukai Banyak Orang, Apakah Mie Goreng Instan Mengandung Kolesterol?

Lantas, ramuan herbal apa saja yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh? Berikut ulasannya, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (8/9/2022).

1. Jahe

Jahe dipercaya sebagai ramuan herbal, yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram jahe setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% dalam periode 3 bulan.

"Ada beberapa bukti, baik pada manusia maupun hewan, bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat), kolesterol total, dan trigliserida darah secara signifikan," demikian keterangan yang tercantum di laman Healthline.



2. Daun Sirih

Daun sirih yang dikenal bisa dikonsumsi sebagai jamu atau ramuan herbal ini, juga mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Anda dapat menggunakan daun sirih dengan merebusnya di dalam air sampai mendidih dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3-4 lembar.

Baca juga: Persebaya Usung 22 Pemain, Bajol Ijo Ancam Rusak Rekor PSM Makassar

"Efek penurun lipid dari daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus," jelas keterangan dalam website Medindia.

3. Kunyit

Kunyit yang merupakan tanaman herbal khas Indonesia ternyata bisa menurunkan kolesterol juga. Konsumsi kunyit putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Oleh karena itu, tanaman ini diduga bisa menjadi alternatif obat herbal bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Dengan begitu, risiko penyakit jantung serta stroke dapat berkurang.



(eyt)

TULIS KOMENTAR ANDA!