Dikonsumsi Mentah Secara Teratur, Wortel Ampuh Turunkan Kolesterol

Sabtu, 10 September 2022 - 15:45 WIB
loading...
Dikonsumsi Mentah Secara Teratur, Wortel Ampuh Turunkan Kolesterol
Wortel terbukti ampuh menurunkan kolesterol, jika dikonsumsi secara teratur. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Mengkonsumsi wortel, ternyata tak hanya berdampak baik kepada kesehatan mata. Konsumsi wortel mentah secara teratur, ternyata juga ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah.



Sayangnya, tak semua orang mengetahui manfaat wortel untuk mengurangi kolesterol, mencegah penyakit jantung, mencegah beberapa jenis kanker, dan meningkatkan pencernaan.



Dilansir dari Hindustan Times, Sabtu (10/9/2022) konsumsi wortel secara teratur telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Serat wortel sebagian besar adalah serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.



Menurut University of Arizona College of Agriculture & Life Sciences, serat larut membantu dalam ekskresi asam empedu yang mengandung kolesterol. Selain itu, wortel juga kaya akan beta karoten, antioksidan vitamin A yang dapat melindungi Anda dari penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsinya mentah. Alternatif lainnya, wortel bisa ditambahkan ke salad, atau memanggangnya dengan minyak zaitun dan bawang putih. Hidangan ini kemudian bisa Anda nikmati sebagai lauk.

Dilansir dari Eat This, Not That, menurut Harvard Health, wortel merupakan makanan ringan yang bagus untuk membantu jantung Anda dan mengurangi kolesterol. Ini karena wortel mudah dimakan dan sarat dengan serat.



Hubungan antara serat makanan dan kolesterol adalah signifikan. Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Nutrients menyatakan bahwa serat tidak larut dan serat larut telah diketahui membantu menurunkan kadar kolesterol darah, yang pada akhirnya membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Studi lain yang diterbitkan dalam The Lancet menemukan bahwa makan setidaknya 25 gram serat sehari diketahui membantu mengatur berat badan, gula darah, tingkat tekanan darah, dan kolesterol.

Sedangkan, para peneliti di Wolfson Gastrointestinal Laboratory di Edinburgh, Skotlandia menemukan bahwa kadar kolesterol seseorang turun rata-rata 11 persen. Hal itu jika mengonsumsi tujuh ons wortel mentah setiap hari selama tiga minggu.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)