TOPIK TERPOPULER

5 Buah Penurun Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Diana Rafikasari
5 Buah Penurun Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung
Buah penurun kolesterol dan menjaga kesehatan jantung wajib ada di rumah. Tubuh membutuhkan kolesterol, suatu bentuk lemak tertentu untuk memproduksi hormon. Foto/Getty Images

Buah penurun kolesterol dan menjaga kesehatan jantung wajib ada di rumah. Tubuh membutuhkan kolesterol, suatu bentuk lemak tertentu untuk memproduksi hormon, vitamin, dan sel-sel baru. Tetapi memiliki terlalu banyak kolesterol bisa berbahaya. Risiko serangan jantung dan stroke dapat meningkat seiring waktu jika darah Anda mengandung kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan.

Untuk membuat kadar kolesterol kembali normal, Anda harus menyadari dari mana kolesterol berasal. Pada dasarnya, kolesterol memiliki dua sumber. Pertama, hati memproduksinya, dan kedua, makanan. Karena itu, makanlah buah-buahan tertentu untuk menurunkan kolesterol jika Anda berjuang dengan kadar kolesterol tinggi.

Baca juga:5 Cara Cepat Turunkan Kolesterol, Nomor 3 Paling Gampang

Kepala ahli diet dan ahli gizi Rumah Sakit Jaslok Delnaz Chanduwadia mengatakan bahwa jika kolesterol Anda tinggi, salahkan diet tidak sehat yang kaya akan makanan olahan, gorengan, gula, dan rendah serat. Ini juga bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup seperti merokok, kurang olahraga dan memiliki kondisi yang mendasari yaitu tekanan darah tinggi atau diabetes.

Jadi, untuk mengontrol kadar kolesterol, Anda perlu memeriksa semua penyebab ini. Namun, diet sehat yang terdiri dari buah-buahan yang tepat yang tinggi vitamin esensial, mineral dan antioksidan, dipercaya dapat membantu mengelola kolesterol.

Berikut buah penurun kolesterol dan menjaga kesehatan jantung dilansir dari Health Shots, Rabu (14/9/2022).

1. Apel
Mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi natrium dan lemak jenuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar kolesterol. Namun, Anda mungkin tidak menyadari bahwa makanan kaya serat larut yang menyehatkan jantung, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

“Buah-buahan tinggi serat larut yang disebut pektin dikenal membantu mengurangi kolesterol. Makanan kaya serat yang bisa Anda makan adalah apel dan pir,” kata Chanduwadia. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat kenyang lebih lama. Dengan begitu dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan mungkin menurunkan berat badan.

2. Beri
eri adalah pembangkit tenaga yang bergizi. Buah ini menawarkan banyak manfaat kesehatan juga sebagai salah satu sumber fitonutrien yang paling lezat dan serbaguna. Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, beri banyak mengandung bahan kimia bioaktif yang dapat mencegah penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya.

"Beri membantu menurunkan kolesterol dan peradangan karena antioksidan,” jelas Chanduwadia.

3. Alpukat
Menurut Komisi Alpukat California, makan alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lain dari makanan Anda. Buah ini juga memiliki banyak lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang antara lain bermanfaat bagi jantung. Selain itu, alpukat dapat secara signifikan mengelola kadar kolesterol baik dan kolesterol rendah.

4. Pisang
Pisang tidak hanya buah yang serbaguna dan mudah dimakan, tetapi juga merupakan makanan super yang luar biasa karena penuh dengan serat, vitamin dan mineral yang diperlukan, serta gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pisang juga mengandung vitamin C dan magnesium, menjadikannya sebagai tambahan sarapan yang baik. “Pisang adalah sumber potasium dan serat yang baik yang membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah," ujar Chanduwadia.

5. Jeruk
Pektin, zat yang ditemukan dalam pir dan apel, menurunkan kolesterol. Begitu juga buah jeruk. Buah ini kaya akan vitamin C dan serat dan karena memiliki kekuatan kualitas antioksidan, jeruk berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida yang berbahaya dan meningkatkan kolesterol baik yang sehat. Selain itu, vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah. Hanya saja Anda disarankan untuk menghindari minum jus karena mengandung gula dan pilihlah buah jeruk.



(msd)

TULIS KOMENTAR ANDA!