alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Bantu Stok Darah PMI saat Pandemi, Pemkab Gowa Gelar Donor Darah

Herni Amir
Bantu Stok Darah PMI saat Pandemi, Pemkab Gowa Gelar Donor Darah
Kegiatan donor darah yang diselenggarakan PMI Sulsel dan Pemkab Gowa untuk menjaga ketersediaan stok darah di masa pandemi. Foto/SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar donor darah di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (2/7/2020). Kegiatan ini dilakukan untuk membantu menjaga stok darah PMI di masa pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Muchlis, mengatakan pihaknya berkomitmen membantu ketersediaan kantong darah di Sulsel. Terlebih, PMI Sulsel diketahui mengalami kekurangan stok darah, beberapa waktu terakhir ini.

"Kegiatan donor darah seperti ini dari berbagai instansi dan organisasi masyarakat. Ya itu selama masa pandemi COVID-19 ini memang relatif terbatas sehingga persediaan darah memang kurang," ujarnya.



Kegiatan donor darah ini melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh organisasi masyarakat termasuk dan instansi lingkup Kabupaten Gowa, kepolisian dan TNI.

Baca Juga: Stok Darah di PMI Makassar Hanya Cukup hingga 8 Hari

Ia menambahkan selain bisa membantu orang lain, donor darah yang dilakukan secara rutin juga baik untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh.

"Setelah donor darah ini sirkulasi darah semakin baik. Karena tubuh diatur sedemikian rupa untuk bisa membangkitkan kembali darah yang habis didonorkan itu sehingga proses di dalam tubuh itu lebih enak terasa," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol, mengatakan pihaknya menargetkan minimal 100 kantong darah dari kegiatan ini.

"Ini kita lakukan terbuka untuk umum dan mudah-mudahan seperti biasa kita target 100 kantong darah dari Pemerintah Daerah," tandasnya.



(tri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak