TOPIK TERPOPULER

Harga Produk China Terkenal Murah, Begini Penjelasannya

Rizky Darmawan
Harga Produk China Terkenal Murah, Begini Penjelasannya
Harga produk China terkenal murah. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Harga produk-produk dari China, selama ini dikenal sangat murah. Sejumlah pasar di dunia pun rata-rata menjual barang produksi China. Ternyata ini terkait dengan kebijakan pemerintah China, utamanya kebijakan ekspor, haji karyawan, hingga pajak.

Baca juga: Dulu Dicaci, Sekarang Dicari! 6 Merek China yang Mendunia, Nomor 4 Anda Tak Akan Menduga

Dilansir dari IndustryWeek, China memiliki strategi nasional 'dumping' yang merupakan tindakan produsen pengekspor produk ke negara lain, dengan harga yang berada di bawah pasar dalam negeri atau biaya produksi.



Tujuan dari 'dumping' adalah, demi menghancurkan dan merebut pasar untuk produk atau komoditas tertentu, sehingga harga kepada konsumen akan diturunkan jauh di bawah persaingan.

Baca juga: Memalukan! Oknum Polisi Cekik Ibu yang Memohon-mohon Maaf, Videonya Viral

Strategi ini diusung oleh China sebagai negara Neomerkantilisme. Di mana istilah tersebut merujuk pada negara yang memiliki kebijakan mendorong ekspor, dan menghambat impor demi mengontrol pergerakan modal.

Hal ini tentu akan membuat China akan untung, karena memiliki banyak permintaan. Kebijakan ini memang tidak dilarang oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Tenaga kerja di China juga dibayar sangatlah murah, dan juga berlimpah mengingat negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Tak heran bila China, masih memiliki sekitar satu miliar penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kebanyakan pabrik yang telah menggunakan mesin dalam sistem produksinya, dinilai lebih murah dan berujung terhadap tingginya akan pengangguran.

Baca juga: Calon Pendeta di Alor Setubuhi 14 Korban, Modusnya Bujuk Rayu hingga Ancam Sebar Video Mesum

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!