Harga Produk China Terkenal Murah, Begini Penjelasannya

Sabtu, 17 September 2022 - 22:45 WIB
loading...
Harga Produk China Terkenal Murah, Begini Penjelasannya
Harga produk China terkenal murah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Harga produk-produk dari China, selama ini dikenal sangat murah. Sejumlah pasar di dunia pun rata-rata menjual barang produksi China. Ternyata ini terkait dengan kebijakan pemerintah China, utamanya kebijakan ekspor, haji karyawan, hingga pajak.



Dilansir dari IndustryWeek, China memiliki strategi nasional 'dumping' yang merupakan tindakan produsen pengekspor produk ke negara lain, dengan harga yang berada di bawah pasar dalam negeri atau biaya produksi.



Tujuan dari 'dumping' adalah, demi menghancurkan dan merebut pasar untuk produk atau komoditas tertentu, sehingga harga kepada konsumen akan diturunkan jauh di bawah persaingan.



Strategi ini diusung oleh China sebagai negara Neomerkantilisme. Di mana istilah tersebut merujuk pada negara yang memiliki kebijakan mendorong ekspor, dan menghambat impor demi mengontrol pergerakan modal.

Hal ini tentu akan membuat China akan untung, karena memiliki banyak permintaan. Kebijakan ini memang tidak dilarang oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Tenaga kerja di China juga dibayar sangatlah murah, dan juga berlimpah mengingat negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Tak heran bila China, masih memiliki sekitar satu miliar penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kebanyakan pabrik yang telah menggunakan mesin dalam sistem produksinya, dinilai lebih murah dan berujung terhadap tingginya akan pengangguran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)