TOPIK TERPOPULER

Lolos Putaran Final Piala Asia U-20 2023, Ini PR Shin Tae-yong

Andika Rachmansyah
Lolos Putaran Final Piala Asia U-20 2023, Ini PR Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesua U-19, Shin Tae-yong melakukan selebrasi usai menang atas Vietnam 3-2. Foto/PSSI

SURABAYA - Putaran final Piala Asia U-20 2023 sudah di depan mata. Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Shin Tae-yong, berhasil merebut tiket putaran final, setelah menumbangkan Vietnam dengan skor 3-2 di Stadin Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Baca juga: Pelatih Dinh The Nam Puji Duel Indonesia U-19 vs Vietnam U-19: Seru dan Dramatis!

Skuad Garuda Nusantara sempat tertinggal 1-2 saat laga memasuki menit 79. Namun, Timnas Indonesia U-19 mampu bangkit dan membalikan keadaan lewat gol yang dicetak Muhammad Ferrari (82’) dan Rabbani Tasnim (84’).



Hasil tersebut meloloskan Garuda Nusantara ke Piala Asia U-20 di Uzbekistan pada 1 hingga 18 Maret 2023 mendatang. Tentu saja ini merupakan hasil yang sangat manis. Sebab, Timnas Indonesia U-19 memastikan diri untuk lolos sebagai juara Grup F dengan koleksi poin sempurna yaitu sembilan poin.

Baca juga: Rampogan Macan, Kisah Tradisi Gladiator di Tanah Jawa

Meski demikian, bukan berarti Pelatih Shin Tae-yong tidak memiliki pekerjaan yang harus dibenahi oleh skuad Garuda Nusantara. Shin Tae-yong menyebut masih ada pekerjaan rumah yang harus dibenahi dalam skuad Timnas Indonesia U-19.

"Pastinya akan jadi pekerjaan rumah yang harus diperbaiki," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Senin (19/9/2022). Ada catatan Shin Tae-yong terkait performa Timnas Indonesia U-19 usai mengalahkan Vietnam, yakni dari sektor pertahanan Timnas Indonesia U-19. Sebab, dua gol Vietnam U-19 itu tercipta lewat skema serangan balik cepat.

"Para pemain harusnya sudah tahu, lawan banyak bermain di belakang, tetapi para pemain bertahan masih terlalu maju ke depan. Itu yang harus diperbaiki untuk kedepannya dan harus dievaluasi," sambungnya.

Baca juga: Air Mata Jamintel Menitik saat Jemput Jenazah Putranya

Sekadar informasi, kemenangan atas Vietnam U-19 sekaligus memecahkan rekor buruk yang dimiliki Shin Tae-yong. Sebab, ini adalah kali pertama pelatih asal Korea Selatan itu bisa mengalahkan Vietnam selama dia menjabat sebagai juru taktik Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Shin Tae-yong belum bisa membawa Timnas Indonesia menang atas Vietnam dalam berbagai kelompok umur. Tercatat sudah ada empat laga Timnas Indonesia gagal menang atas Vietnam sejak diasuh olehnya. Namun kini, akhirnya dia bisa mengakhiri catatan buruknya itu.



(eyt)

TULIS KOMENTAR ANDA!