Kata Rasulullah 4 Golongan Manusia Ini, Tidak akan Disentuh Api Neraka

Jum'at, 03 Juli 2020 - 05:22 WIB
loading...
Kata Rasulullah 4 Golongan Manusia Ini, Tidak akan Disentuh Api Neraka
Bordoalah agar saat hari pembalasan nanti kita tidak akan disentuh api neraka. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Saat hari pembalasan nanti sejumlah golongan manusia ini rupanya tidak akan disentuh api neraka. Mereka disebut akan selamat dari siksaan api neraka. Empat golongan manusia ini juga sering kita temui di dunia dan menjadi sifat dasar mereka. Mungkin saja kamu termasuk salah satunya.

Adapun empat golongan manusia ini sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu alahi wasssalam kepada para sahabat. Baca : 7 Pengikut Dajjal di Akhir Zaman, Diantaranya Pemuda yang Fasih Baca Alquran

“Maukah kalian aku tunjukkan orang yang Haram baginya tersentuh api neraka?” Para sahabat berkata, “Mau, wahai Rasulullah!” Beliau menjawab: “Yang Haram tersentuh api neraka adalah) orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” (HR. At-Tirmidzi & Ibnu Hibban, dishahihkan Al-Albani).

1. Hayyin
Yakni orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tanda-tanda orang ini yaitu, tidak labil dan tidak gampang marah, memiliki pertimbangan yang penuh saat dihadapkan pada masalah, jarang memaki, melaknat, dan tersulut berita yang sampai padanya.

2. Layyin
Yakni orang yang lembut dan kalem, baik dalam bertutur kata atau berbuat. Tidak kasar, tidak semaunya sendiri serta segalanya tertata rapi. Orang-orang seperti ini juga tidak suka melakukan pemaksaan pendapat. Baca Juga : Kamu Sibuk Tapi Sia-sia? Itu Tandanya Allah Telah Menelantarkanmu

3. Qarib
Supel, akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan. Tidak acuh tak acuh, cuek dan gampang berpaling. Bisasanya orang seperti ini juga murah senyum, wajahnya berseri-seri dan enak dipandang.

4. Sahl
Orang yang baik hati memudahkan urusan orang lain, tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain menghindar.

Pada intinya, orang yang haram tersentuh api neraka adalah mereka yang selalu menjaga hubungan baik dengan Allah (habluminallah) dan hubungan baik dengan manusia (habluminannas). Baca Lagi : Pemuda yang Tidak Dikenal di Bumi, Tapi Namanya Harum di Langit
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)