Pasukan Khusus India Disebar, Siap Lawan China Kapan Saja

Jum'at, 03 Juli 2020 - 07:13 WIB
loading...
Pasukan Khusus India Disebar, Siap Lawan China Kapan Saja
Unit-unit pasukan khusus yang dikerahkan di Ladakh ini adalah pasukan penting dalam serangan bedah tahun 2017 terhadap kamp-kamp teror yang berbasis di Pakistan. Foto : Istimewa
A A A
NEW DELHI - India akhirnya mengerahkan unit pasukan khususnya ke wilayah di Ladakh. Unit-unit pasukan khusus yang dikerahkan di Ladakh ini adalah pasukan penting dalam "serangan bedah" tahun 2017 terhadap kamp-kamp teror yang berbasis di Pakistan.

Sumber pemerintah tersebut mengatakan unit-unit itu dapat digunakan secara efektif dalam melawan China jika dan ketika dibutuhkan. Baca : Akses Pejabat Partai Komunis China Masuk ke Amerika Dibatasi

"Para unit pasukan khusus telah dipindahkan dari lokasi yang berbeda di negara ini ke wilayah Ladakh di mana mereka telah melakukan latihan," kata sumber pemerintah India kepada Aajtak dan India Today yang dilansir Jumat (03/07/2020).

Laporan media India menyatakan unit-unit pasukan khusus telah dikerahkan di sepanjang lokasi garis depan di Ladakh timur. Pasukan telah sepenuhnya diberitahu tentang peran yang harus mereka tanggung jika permusuhan dengan China meningkat. Baca Juga : Ancaman Tegas China : AS dan Sekutu Dilarang Sebar Rudal Jarak Menengah di Asia

India memiliki lebih dari 12 resimen pasukan khusus yang berlatih di medan yang berbeda dan telah mengembangkan spesialisasi di padang pasir, gunung dan medan hutan. Unit-unit pasukan khusus yang dikerahkan di Jammu dan Kashmir secara teratur berlatih dalam latihan perang di daerah-daerah dataran tinggi di dan sekitar Leh.

Selama "serangan bedah" tahun 2017, Pasukan Khusus Angkatan Darat India telah menghancurkan beberapa landasan peluncuran di dekat Line of Control (LOC). Pasukan tersebut telah menargetkan dan melenyapkan sejumlah milisi teroris, bersama dengan personel Angkatan Darat Pakistan ditugaskan untuk melatih dan membimbing mereka masuk ke wilayah India melalui rute yang berbeda.

Saat ini, India dan China terlibat dalam kebuntuan militer di sepanjang LAC di Ladakh timur. Ketegangan telah memanas sejak 15 Juni ketika bentrok mematikan antara pasukan kedua pihak pecah di Lembah Galwan. Sebanyak 20 tentara India tewas, sedangkan di pihak China tidak dikonfirmasi.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)