TOPIK TERPOPULER

5 Teh yang Ampuh dan Aman untuk Turunkan Kolesterol maupun Gula Darah

Diana Rafikasari
5 Teh yang Ampuh dan Aman untuk Turunkan Kolesterol maupun Gula Darah
Teh ternyata mampu untuk menurunkan kolesterol dan gula darah. Foto/SINDOnews/Yuswantoro

JAKARTA - Banyak penelitian menunjukkan, teh memiliki banyak manfaat kesehatan setelah air. Beberapa penelitian menunjukkan, antioksidan dalam teh dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah.

Baca juga: Hindari 3 Hal Ini Jika Tak Ingin Kolesterol Melesat Naik

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang dapat merusak sel dan materi genetik. Menurut Mayo Clinic, ketika ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, stres oksidatif terjadi.



Kondisi tersebut berkontribusi pada timbulnya berbagai masalah kesehatan serius. Mulai dari diabetes tipe 2, kolesterol tinggi hingga penyakit jantung. Berikut daftar teh penurun kolesterol dan gula darah dilansir dari berbagai sumber:

Baca juga: Terlanjur Lepas Baju dan Mandi Keringat di Ranjang Hotel, 4 Pasangan Mesum Panik Digedor Petugas

1. Teh Hijau
Teh hijau sarat dengan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya yang membuatnya baik untuk kolesterol dan gula darah. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang biasa minum teh hijau selama lebih dari 10 tahun memiliki lemak tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Teh hijau mengandung senyawa kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot. Proses EGCG yang merangsang glukosa untuk masuk ke sel otot mungkin juga berguna untuk mengobati obesitas.

2. Teh Hitam
Teh lain yang sarat dengan antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol adalah teh hitam. Teh hitam menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengontrol kadar gula darah, mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesehatan usus.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada Juni 2019 dalam jurnal Antioksidan mencatat bahwa beberapa studi epidemiologi menunjukkan bahwa minum teh hitam, hijau, atau oolong dapat mengurangi risiko terkena diabetes atau komplikasi diabetes.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!