alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Pasien Positif COVID-19 di Tana Toraja Bertambah Jadi 13 Orang

Joni Lembang
Pasien Positif COVID-19 di Tana Toraja Bertambah Jadi 13 Orang
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja Mariana Belo, mengumumkan satu kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tana Toraja. Foto: Sindonews/Joni Lembang

MAKASSAR - Media Center Satgas COVID-19 Tana Toraja kembali mengumumkan satu kasus baru pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kabupaten Tana Toraja, Jumat, (3/7/2020).

Kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 ini diumumkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja Mariana Belo, didampingi tim dokter Satgas COVID-19 Tana Toraja dr Mardaria Patioran dan Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas COVID-19 Tana Toraja Daniel Galenta Randanan.

Baca Juga: Hendak Terbang ke Balikpapan, Pemuda Asal Pinrang Palsukan Dokumen Rapid Test



"Kasus baru pasien terkonfirmasi positif COVID-19 adalah pasien nomor 13 berjenis kelamin laki-laki, umur 22 tahun beralamat di kelurahan Tondon Mamullu, kecamatan Makale berumur 22. Pasien nomor 13 adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di kota Bandung," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja Mariana Belo.

Mariana mengatakan, berdasarkan riwayat tracing oleh petugas surveilans diketahui bahwa pasien nomor 13 datang dari kota Bandung pada Jumat, 28 Februari 2020. Setelah tiba di Tana Toraja pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke luar kota. Pada Minggu, 28 Juni 2020 pasien mengeluhkan demam, batuk dan pilek. Senin, 29 Juni 2020 pasien memeriksakan kesehatannya di RSUD Lakipadada dan langsung di opname dan menjalani rawat inap. Selasa, 30 Juni 2020 dilakukan rapid test dengan hasil reaktif.

Rabu, 1 Juli 2020 dilanjutkan dengan pengambilan swab dengan metode pemeriksaan TCM. Keesokan harinya, pasien dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 dan rencananya dirujuk ke Makassar untuk menjalani pelayanan rujukan COVID-19 Satgas Provinsi Sulsel.

"Dengan diumumkannya 1 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat sudah 13 kasus terkonfirmasi positif. 7 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh, 5 pasien masih dirawat dan 1 kasus dinyatakan meninggal dunia," kata Mariana.

Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja Daniel Galenta Randanan mengatakan Satgas Covid-19 Tana Toraja terus melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di lingkungan masyarakat.

"Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan tim surveilans," kata Daniel.

Baca Juga: Sidak, Anggota Dewan Temukan Obat Kadalursa di Puskesmas



(agn)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak