TOPIK TERPOPULER

Kemensos Canangkan Kampung Siaga Bencana ke-894 di Maros

Najmi S Limonu
Kemensos Canangkan Kampung Siaga Bencana ke-894 di Maros
Kemensos RI resmi membentuk kampung siaga bencana (KSB) di Kabupaten Maros. Pencanangan kegiatan dihadiri langsung oleh pejabat Kemensos dan Bupati Maros AS Chaidir Syam. Foto/SINDOnews/Najmi S Limonu

MAROS - Kementerian Sosial (Kemensos) RI resmi membentuk kampung siaga bencana (KSB) di Kabupaten Maros. Kampung siaga bencana yang berada di Kecamatan Maros Baru ini merupakan yang ke-894 se-Indonesia.

Pencanangan KSB ini digelar di Lapangan Pallantikang Maros, ditandai dengan simulasi tanggap bencana oleh tim SAR gabungan, Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga: Jelang Penilaian Adipura, Pemkab Maros Genjot Pembenahan

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Robben Nico, mengatakan kampung siaga becana ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan masyarakat mengahadapi bencana.

"Jadi bagaimana agar masyarakat bisa mandiri, melayani diri sendiri dahulu apabila ada bencana, karena kita tahu bantuan dari kabupaten, provinsi atau pusat membutuhkan waktu," ujarnya.

Pembentukan KSB di Maros Baru ini dilakukan usai bencana puting beliung yang memporak-porandakan sedikitnya 120 rumah beberapa waktu lalu.

"Maros ini menjadi salah satu kabupaten rawan bencana, kalau bukan banjir ya angin puting beliung, dan terbaru terjadi di Maros Baru dimana ada 120 rumah yang terdampak," ujarnya.

Pada kegiatan ini pula, Robben memberikan bantuan satu unit mobil dapur umum kepada pemerintah kabupaten Maros untuk melengkapi kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Bupati Maros, Chaidir Syam, berharap dengan adanya KSB ini masyarakat bisa terlatih dan siaga dalam menghadapi bencana.

"Kami bersyukur Kemensos menempatkan program KSB ini di Kabupaten Maros, tepatnya di Kecamatan Maros Baru yang memang sering terkena bencana," tambahnya.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!