TOPIK TERPOPULER

6 Kuliner Legendaris Ini Berdiri sebelum Indonesia Merdeka

Tim SINDOnews
6 Kuliner Legendaris Ini Berdiri sebelum Indonesia Merdeka
Puthu lanang dari Malang menjadi salah satu kuliner legendaris yang ada sebelum Indonesia merdeka.Foto/ist

JAKARTA - Kuliner legendaris Indonesia banyak sekali. Bahkan, tak sedikit juga yang ada sebelum Indonesia merdeka. Termasuk enam kuliner ini yang menawarkan makanan dan minuman dengan cita rasa yang lezat.

Mengingat kuliner ini masih eksis sampai sekarang, maka untuk urusan rasa tak perlu diragukan lagi. Cita rasa yang tak berubah berkat resep turun-temurun membuat kuliner ini selalu diburu. Menariknya, kuliner ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Berikut daftar kuliner legendaris Indonesia yang berdiri sebelum merdeka dikutip dari Travelingyuk:

Baca juga:Alami Gangguan Mesin, Pesawat Sriwijaya Air Tujuan Surabaya Mendarat Darurat di Makassar

1. Kedai Kopi Apek, Medan
Untuk para pecinta kopi, wajib datang ke Kedai Kopi Apek yang ada di Jalan Hindu No. 37, Medan. Kedai kopi ini menyediakan banyak sekali menu kopi. Mulai dari kopi panas sampai es kopi. Adapula roti bakar dan menu camilan lainnya yang cocok untuk teman minum kopi. Kedai kopi satu ini sudah eksis dari 1922.

2. Roti Orion, Solo
Roti Orion bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh menarik saat liburan ke Solo. Toko roti ini termasuk legendaris karena sudah ada sejak 1932. Jenis rotinya banyak dan enak. Salah satunya bolu dengan tekstur lembut dan aroma wangi.

3. Roti Go, Purwokerto
Terletak di Jalan Jenderal Soedirman Nomor 724 Purwokerto, Jawa Tengah, Roti Go berdiri sejak 1898 dan menjadi toko roti tertua di Indonesia. Hingga saat ini toko roti tersebut menggunakan resep turun temurun sehingga kenikmatannya sudah terjamin

4. Puthu Lanang, Malang
Puthu Lanang yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto No.73, Malang, Jawa Timur sudah ada sejak 1935. Selain puthu, kedai ini juga menawarkan klepon, kue lapis dan cendil. Perpaduan kue yang terbuat dari tepung beras dan gula merah serta kelapa kukus menghasilkan rasa manis dan gurih yang menggugah selera.

5. Warung Kopi Tung Tau, Bangka Belitung
Selain Kedai Kopi Apek, kedai kopi lain yang tak kalah legendaris adalah Warug Kopi Tung Tau di Bangka Belitung yang sudah ada sejak 1938. Menu andalan di sini adalah kopi o, kopi susu dan roti panggang telur.

6. Warung Mak Beng, Denpasar
Berdiri sejak 1941, Warung Mak Beng berada di Jalan Hang Tuah Nomor 45, Sanur Kaja, Denpasar. Warung ini menyajikan makanan berupa nasi, ikan goreng, dan sup. Baca Juga: 3 Kedai Es Krim Legendaris di Jakarta Selain Ragusa, Ada yang Buka Sebelum Indonesia Merdeka



(msd)

TULIS KOMENTAR ANDA!