alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Mulai Ditata, Pantai Sumpang Disiapkan Jadi Ikon Baru Kabupaten Barru

Muhammad Subhan
Mulai Ditata, Pantai Sumpang Disiapkan Jadi Ikon Baru Kabupaten Barru
Bupati Kabupaten Barru, Suardi Saleh saat berada di pemasangan pertama pancang tanggul pada Jumat 3 Juli. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

BARRU - Setelah sekian tahun direncanakan, penataan tanggul dan revitalisasi Pantai Sumpang Binangae Barru, akhirnya mulai dikerjakan. Itu ditandai dengan pemasangan pertama pancang tanggul pada Jumat 3 Juli.

Proyek yang nilai anggarannya sekira Rp38,5 miliar ini, bakal dikerjakan hingga 2 Desember 2020 oleh PT Karya Mandiri Surya Sejahtera. Tahap awal, sheet pile tipe W400.1000 plus B sepanjang 10 meter akan dipasang 415 meter. Mulai titik awal sampai ke arah selatan. Begitu pula tiang pancang spun pile 40 cm K600 sebanyak 347 batang untuk 189 titik. Ditambah mini pile kotak 30x30 di 17 titik.

Baca juga: Hebat! Barru Miliki Desa Mandiri Terbanyak di Sulsel



Sesuai rencana, fungsi utama dari proyek ini sebagai sarana mitigasi bencana, dan publik space. Termasuk akan dimanfaatkan masyarakat sekitar dan umum sebagai ruang terbuka, sekaligus menjadi ikon baru Kabupaten Barru.

Bupati Barru, Suardi Saleh yang hadir melakukan peletakan pemasangan tiang pancang, mengaku sangat bersyukur jika proyek ini sudah mulai dikerjakan setelah kurang lebih tiga tahun direncanakan.

“Hari ini kita sudah memulai 450 meter ke selatan dengan mengunankan bahan yang telah disiapkan. Mohon dukungan masyarakat Sumpang Binangae, agar proyek tanggul Pantai Sumpang Binangae ini dapat berjalan lancar,” kata Suardi Saleh saat memberi sambutan di lokasi proyek.

Ia menambahkan, sebelum dikerjakan, butuh proses yang tergolong lama. Sebab terkendala izin, amdal dan lainnya yang harus dilengkapi. Tapi akhirnya, proyek ini dapat dikerjakan tahun ini.

Meskipun lanjut dia, banyak anggaran di recofusing akibat pandemi COVID-19, akan tetapi pihaknya berusaha semaksimal mungkin, agar dana pembangunan Pantai Sumpang tidak dialihkan. Mengingat, warga sekitar sering terkena dampak bila air barat naik hingga ke rumah.

“Insyaallah jika ini sudah selesai, banyak manfaat bisa dirasakan oleh warga. Selain mitigasi bencana, juga akan menjadi tempat rekreasi dan tempat olahraga ringan, maupun ruang publik untuk beragam kegiatan lainnya,” tambah Suardi Saleh.

Baca juga: Hebat! Barru Miliki Desa Mandiri Terbanyak di Sulsel

Bukan hanya itu, pantai ini diharapkan bisa menyaingi keindahan Pantai Losari Makassar ke depannya. Bahkan sangat memungkinkan kata Suardi untuk menarik minat wisatawan lokal di Sulsel untuk berkunjung ke Pantai Sumpang.

Kegiatan pemasangan tiang turut dihadiri Wakil Bupati Barru, Nasruddin AM, serta pimpinan Forkompida, maupun sejumlah tokoh masyarakat. Dalam kesempatan itu Suardi Saleh meminta kepada pejabat pembuat komitmen dan konsultan pengawas untuk melakukan pengawasan sebaik-baiknya.



(luq)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak