alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Hanya 10 Bacaleg DPD RI Dapil Sulsel yang Memenuhi Syarat

Luqman Zainuddin
Hanya 10 Bacaleg DPD RI Dapil Sulsel yang Memenuhi Syarat
Kepala Sub Gagian Hukum KPU Sulsel Juliati Rahayu. Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - KPU Sulsel telah menyelesaiakan proses verifikasi dukungan pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (Dapil) Sulsel. Hasilnya, dari 28 orang yang menyerahkan dukungan, hanya 10 yang memenuhi syarat (MS).

Kepala sub bagian hukum KPU Sulsel Juliati Rahayu menjelaskan, bahwa hasil verifikasi tersebut sudah diserahkan semuanya, kemarin. Sementara sisanya, atau 18 orang masih harus memperbaiki dukungannya karena tidak memenuhi syarat minimal dukungannya.

"Bagi calon yang belum memenuhi syarat, artinya dukungannya berada di bawah 3.000 maka mereka harus memperbaiki terhitung dari 14 sampai 20 Mei untuk memasukkan perbaikannya. Dari 28, hanya 10 yang MS, sisanya tidak memenuhi syarat," kata Juliati saat ditemui di kantornya, Senin, (14/05/2018).

Saat diminta, nama-nama yang dinyatakan MS dan tidak memenuhi syarat, Juliati enggan memberikannya. Pasalnya kata dia, akan ada pengumumannya secara resmi mengenai rekap tersebut.

"Nanti yah secara resminya yah rekapnya," sambung perempuan yang karib disapa Ayu.

Ayu menambahkan, bahwa dari semua dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat didominasi faktor kegandaan. Sedikitnya, kegandaan tersebut dibagi dalam dua bagian, yakni ganda internal dan ganda eksternal.

"Ganda internal itu, ada dua dukungan yang sama pada salah satu Bacaleg Sementara ganda eksternal itu orang yang memberi dukungan, kepada dua Bacaleg berbeda. Jadi kami harus coret," kata Ayu.

Setelah 18 orang tersebut memasukkan perbaikan, pihaknya akan melakukan prosedur verifikasi administrasi. Hanya saja, jika nantinya tetap dinyatakan tidak memenuhi jumlah dukungan, maka akan tetap diverifikasi faktualkan.

"Nanti ada faktual kembali 30 Mei sampai 20 Juni 2018. Nanti disitu ada perbaikan," pungkas Ayu.

Meski Ayu enggan membocorkan siapa saja kesepuluh nama tersebut, namun sumber SINDOnews menyebutkan bahwa salah satu dari 10 orang tersebut adalah Moh Roem, Ketua DPRD Sulsel. Ayu sendiri mengiyakan, bahwa dukungan Moh Roem MS setelah diklarifikasi.

Dikonfirmasi terpisah Moh Roem juga mengamini bahwa dukungannya sudah tidak lagi perlu diperbaiki. Karena mencukupi syarat dukungan minimal 3.000 lembar dan melebihi jumlah sebaran minimal 12 kabupaten/kota se Sulsel.

"Sudah tidak ada masalah (soal dukungan), tinggal lalui tahap berikutnya, yakni verifikasi faktual," kata Moh Roem saat ditemui di Kantor DPRD Sulsel Jalan Urip Sumohardjo.

Moh Roem sendiri cukup optimis bisa menduduki satu dari 4 kursi yang akan diperebutkan. Hal itu tidak lepas dari pengamalamannya 3 periode di DPRD Sulsel dan 2 periode sebagai bupati Sinjai.

Hanya saja, Moh Roem mengaku persaingan akan sengit mengingat nama-nama beken yang juga mendaftar sebagai Bacaleg DPD RI Dapil Sulsel.

"Saya belum tahu siapa saingan yang kuat," ujarnya.

Terlepas dari itu, dia meyakinkan bahwa dirinya mendapat sokongan penuh dari Golkar. Meski kader partai berlambang beringin tersebut sudah tahu ia mendaftar sebagai Bacaleg DPD RI Dapil Sulsel, namun pada akhirnya dia akan mengumumkannya sendiri.

"Mereka sudah tahu (kalau saya maju), pada waktunya saya juga akan keliling ke daerah-daerah. Mudah-mudahan, karena teman-teman juga kuat di daerah. Sesama kader Golkar, siap membantu," pungkas Moh Roem.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads