alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Kejari Pangkep Jamin Keamanan Kades dan Lurah Gunakan Anggaran

Muhammad Subhan
Kejari Pangkep Jamin Keamanan Kades dan Lurah Gunakan Anggaran
Kasi Intel Kejari Pangkep, Andri Zulfikar saat memberikan pemahaman hukum kepada lurah dan kepala desa di Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkep memberikan jaminan kepada kepala desa dan lurah dalam menggunakan anggaran untuk pembangunan di wilayah masing-masing. 

Hal itu disampaikan Kasi Intel Kejari Pangkep, Andri Zulfikar kepada kades dan lurah se-kecamatan Minasatene saat memberi penyuluhan hukum di kantor Camat Minasatene, Senin (6/7/2020).

Baca Juga: 2 Pulau Tak Berpenghuni di Pangkep Diduga Jadi Milik Pribadi



Andri mengimbau agar kades dan lurah tidak takut dalam mengelola dan menggunakan anggaran yang diterima. Menurutnya, demi kelanjutan pembangunan untuk masyarakat, kades maupun lurah harus berani dalam membelanjakan anggaran sesuai dengan aturan yang ada.

"Ketika kades dan lurah melaksanakan anggaran, tiba-tiba ada oknum menakuti bahwa akan melaporkan ke aparat, saya berada di garda terdepan menjamin melaksanakan kegiatan dengan aman dan nyaman sesuai koridor hukum," kata Andri.

Ia menjelaskan, hal itu penting diketahui karena ditingkat pusat telah ada MoU antara Kejaksaan Agung dengan sejumlah Kementerian dalam menjamin pelaksanaan kegiatan yang menggunakan dana desa maupun dana kelurahan.

Ia menambahkan, penerangan dan penyuluhan hukum ini bagian dari langkah preventif atau pencegahan oleh kejaksaan, untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dalam penggunaan anggaran dana desa dan kelurahan.

Ia pun menegaskan, pihaknya pula tidak akan pandang bulu jika tindakan preventif melalui penerangan hukum telah dilakukan. Namun, masih terdapat pula pejabat yang menyalahi aturan, maka pihaknya akan memproses hukum.

Camat Minasatene, Satria Sammana berharap apa yang telah dilakukan oleh kejaksaan ini, dapat berjalan terus. Tentu ini membantu kita, pemerintah dapat fokus dalam menjalankan pembangunan.

”Dengan adanya penerangan hukum, maka kita selaku pengguna anggaran juga dapat terbantu dalam menjalankan setiap program pembangunan dan terhindar dari tindakan korupsi, itu yang kami harapkan,” ucapnya.

Baca Juga: Kejari dan PJI Pangkep Salurkan Paket Sembako untuk Pengemudi Bentor



(agn)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak