Tips Aman dan Nyaman Bersepeda di Masa Penerapan New Normal

Senin, 06 Juli 2020 - 18:12 WIB
loading...
Tips Aman dan Nyaman Bersepeda di Masa Penerapan New Normal
Aktivitas bersepeda tengah digandrungi oleh berbagai kalangan di masa penerapan adaptasi baru. Agar aktivitas ini tetap aman dari COVID-19, ada beberapa tips yang harus dilakukan. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Aktivitas bersepeda tengah digandrungi masyarakat Indonesia sekarang ini. Dari yang tua hingga anak-anak, dengan mudah dapat dijumpai tengah gowes di jalanan.

Melihat fenomena tersebut, Spesialis Kedokteran Olahraga, Andhika Raspati memberikan tips aman bersepeda di masa penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal , seperti SINDOnews kutip dari laman Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 pusat.

"Di era AKB tetap harus berlakukan jaga jarak, pakai masker di mana saja untuk menghindari droplet namun perlu diatur intensitas kecepatan gowesnya untuk mengatur nafas agar tidak sesak nafas saat menggunakan masker, sementara penggunaan face shield saja tidak dianjurkan dikarenakan masih ada celah untuk droplet," beber Andika saat dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Minggu kemarin.



Andika bilang, sebelum bersepeda, setiap orang harus memperhatikan keselamatan dirinya sebelum melakukan aktivitas tersebut.

"Keamanan perlu diperhatikan. Menggunakan helm, menggunakan pencahayaan lampu atau pakaian yang bersinar untuk menandakan pengguna jalan lain, selain itu memastikan kondisi kesehatan dirinya, dengan konsultasi ke dokter seberapa bugar anda dan jika baru bersepeda jangan ikuti teman yang sudah terbiasa jarak jauh. Harus bertahap dan dibiasakan," beber Dhika sapaan akrabnya.

Dhika pun menyarankan, agar setiap orang melakukan aktivitas bersepeda sesuai kebutuhan. Tiak berkumpul-kumpul. Jika terpaksa, dia menyarankan setiap pesepeda menerapkan protokol kesehatan .

Di tempat yang sama, Ketua Bike2Work Indonesia, Poetoet Soedarjanto menyarankan para pemula memulai bersepeda secara bertahap.

"Cara yang terbaik bersepeda di masa pandemi ini adalah bagaimana intensitas gowesan selama di perjalanan, bagi pemula yang pertama perlu bertahap mulai dari satu minggu sekali, kemudian seminggu tiga-empat kali, baru ketika sudah terbiasa dapat setiap hari menggunakan sepeda ke kantor," jelas Poetoet.



Selanjutnya, ia mengingatkan, bersepeda di jalan raya harus memperhatikan berapa hal. Pertama, meniatkan diri tidak celaka dan mencelakai orang lain dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Selalu menghargai pengguna jalan lainnya dan jangan sampai tertular dan menularkan orang lain dengan tetap menaati protokol kesehatan.

"Lalu dianjurkan untuk bersepeda sendiri atau solo riding, jika berkelompok maksimal lima orang," kata Poetoet.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)