alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Tips Aman dan Nyaman Bersepeda di Masa Penerapan New Normal

Luqman Zainuddin
Tips Aman dan Nyaman Bersepeda di Masa Penerapan New Normal
Aktivitas bersepeda tengah digandrungi oleh berbagai kalangan di masa penerapan adaptasi baru. Agar aktivitas ini tetap aman dari COVID-19, ada beberapa tips yang harus dilakukan. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

JAKARTA - Aktivitas bersepeda tengah digandrungi masyarakat Indonesia sekarang ini. Dari yang tua hingga anak-anak, dengan mudah dapat dijumpai tengah gowes di jalanan.

Melihat fenomena tersebut, Spesialis Kedokteran Olahraga, Andhika Raspati memberikan tips aman bersepeda di masa penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, seperti SINDOnews kutip dari laman Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 pusat.

"Di era AKB tetap harus berlakukan jaga jarak, pakai masker di mana saja untuk menghindari droplet namun perlu diatur intensitas kecepatan gowesnya untuk mengatur nafas agar tidak sesak nafas saat menggunakan masker, sementara penggunaan face shield saja tidak dianjurkan dikarenakan masih ada celah untuk droplet," beber Andika saat dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Minggu kemarin.



Baca juga: Sepeda Makin Diminati, Lindungi Keselamatan Pesepeda

Andika bilang, sebelum bersepeda, setiap orang harus memperhatikan keselamatan dirinya sebelum melakukan aktivitas tersebut.

"Keamanan perlu diperhatikan. Menggunakan helm, menggunakan pencahayaan lampu atau pakaian yang bersinar untuk menandakan pengguna jalan lain, selain itu memastikan kondisi kesehatan dirinya, dengan konsultasi ke dokter seberapa bugar anda dan jika baru bersepeda jangan ikuti teman yang sudah terbiasa jarak jauh. Harus bertahap dan dibiasakan," beber Dhika sapaan akrabnya.

Dhika pun menyarankan, agar setiap orang melakukan aktivitas bersepeda sesuai kebutuhan. Tiak berkumpul-kumpul. Jika terpaksa, dia menyarankan setiap pesepeda menerapkan protokol kesehatan.

Di tempat yang sama, Ketua Bike2Work Indonesia, Poetoet Soedarjanto menyarankan para pemula memulai bersepeda secara bertahap.

"Cara yang terbaik bersepeda di masa pandemi ini adalah bagaimana intensitas gowesan selama di perjalanan, bagi pemula yang pertama perlu bertahap mulai dari satu minggu sekali, kemudian seminggu tiga-empat kali, baru ketika sudah terbiasa dapat setiap hari menggunakan sepeda ke kantor," jelas Poetoet.

Baca juga: Tips dari Polisi Agar Pesepeda Tak Menjadi Korban Kejahatan

Selanjutnya, ia mengingatkan, bersepeda di jalan raya harus memperhatikan berapa hal. Pertama, meniatkan diri tidak celaka dan mencelakai orang lain dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Selalu menghargai pengguna jalan lainnya dan jangan sampai tertular dan menularkan orang lain dengan tetap menaati protokol kesehatan.

"Lalu dianjurkan untuk bersepeda sendiri atau solo riding, jika berkelompok maksimal lima orang," kata Poetoet.



(luq)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak