Inovasi Digital Petrokimia Gresik Percepat Layanan Pupuk Nonsubsidi

Selasa, 25 Oktober 2022 - 14:33 WIB
loading...
Inovasi Digital Petrokimia Gresik Percepat Layanan Pupuk Nonsubsidi
Salah satu inovasi digital yang kini gencar disosialisasikan adalah Warehouse Management System Costumer Centric Excellence (WMS 2CE). Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Transformasi digital terus digencarkan Pupuk Indonesia Grup, termasuk PT Petrokimia Gresik sebagai salah satu anak perusahaan. Ragam inovasi di berbagai bidang, termasuk sistem digital pergudangan di lini I telah dilakukan, baik untuk produk pupuk subsidi maupun pupuk nonsubsidi.

Salah satu inovasi digital yang kini gencar disosialisasikan adalah Warehouse Management System Costumer Centric Excellence (WMS 2CE). Sistem ini berupa aplikasi berbasis web yang berfokus pada pelayanan pemuatan produk non-subsidi , sehingga memudahkan pelanggan, khususnya para distributor.



AVP Pengelolaan dan Pemeliharaan Gudang Inbound dan Outbond PT Petrokimia Gresik , Muhammad Altway, menjelaskan banyak manfaat dan keunggulan dari pemanfaatan aplikasi WMS 2CE. Mulai dari digitalisasi Perintah Pengambilan Barang (PBB), digitalisasi laporan hingga lebih terpantaunya posisi gudang dan antrean/posisi truk.

Ia juga memastikan inovasi digital ini membuat pengambilan pupuk nonsubsidi yang tadinya membutuhkan proses lama sekarang menjadi lebih cepat, mudah, dan dapat diakses dimana saja.

"Proses pembuatan PPB sekarang menjadi mudah, dapat diproses dimana saja dengan akses internet, dan sangat mengurangi penggunaan kertas yang berdampak pada kelestarian lingkungan," ujar Altway, di sela kegiatan Workshop WMS 2CE, yang dirangkaikan sosialisasi produk pupuk nonsubsidi PT Petrokimia Gresik di Kota Makassar, Selasa (25/10/2022).

Sekadar diketahui, dalam menjaga ketersediaan pupuk bagi petani, selain pupuk subsidi, Petrokimia Gresik juga menyediakan pupuk nonsubsidi . Pupuk ini bisa menjadi alternatif pilihan yang dapat diberikan kepada petani untuk semakin meningkatkan produktivitas lahan yang mereka miliki.

Produk pupuk nonsubsidi tersebut di antaranya NPK Kebomas, NPK Phonska Plus, NPK Petro Ningrat, NPK Nitrat, NPK Petro Niphos, SP-36, SP-26, Phosgreen, Urea Non Subsidi, ZK Petro, ZA Non Subsidi, dan lainnya. Adapun produk-produk non pupuk seperti Petro Gladiator, Petro Fish, Petro Chick, Petro Biofeed, Ammonia (NH3), dan lainnya.

Petrokimia Gresik dalam mengelola sistem pergudangan di gudang lini I menggunakan aplikasi WMS yang berbasis mobile apps dan website. WMS dilengkapi hardware berupa tablet, monopod, dan action cam, sehingga seluruh kegiatan di gudang dapat terpantau dan tersistem dengan baik.

Selain itu, WMS juga memiliki fitur yang terhubung langsung dengan Google Maps dan terintegrasi dengan Sistem Scheduling Truk Online (SISTRO) Petrokimia Gresik. Sistem ini secara otomatis akan melakukan manajemen antrean truk untuk meminimalisir terjadinya penumpukan antrean.

Altway mengimbuhkan kehadiran inovasi digital ini juga memastikan efisiensi dan transparansi dalam distribusi. Musababnya, pelanggan dapat memantau antrean truk pada setiap gudang maupun antrean pengambilan masing-masing produk, sehingga dapat meminimalisir antrean yang panjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)