alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Puasa Pada Pekan Pertama Terasa Berat? Ini Cara Mengatasinya

Diana Rafikasari
Puasa Pada Pekan Pertama Terasa Berat? Ini Cara Mengatasinya
Foto : Istimewa

JAKARTA - Puasa para pekan pertama Ramadan memang terasa berat dijalani, bahkan sebagian orang mengeluh lemas dan lapar hingga membatasi aktivitasnya.

Namun, dr David Fadjar Putra, MS, SpGK menjelaskan, bahwa demi kelancaran berpuasa selama satu bulan ke depan, hal ini bisa diatasi dengan niat berpuasa yang kuat. Dengan niat yang kuat, dikatakan dr David hal ini dapat mempermudah menjalankan puasa.

"Menjaga puasa agar tidak jebol itu soal komitmen menjalankan ibadah. Kalau komitmennya tidak kuat ya justru merugikan diri sendiri," ungkap dr David.

Sementara Prof Endang L Achadi menekankan untuk tidak perlu merasa khawatir menjalankan puasa Ramadan. Pasalnya, tubuh hanya memerlukan waktu 3—4 hari untuk beradaptasi dengan perubahan jam makan saat puasa Ramadan.

"Biasanya tiga kali sehari, sekarang dua kali. 3—4 hari pertama yang sulit. Tapi kalau 3—4 hari pertama sudah dilewati tanpa masalah," tutur Prof Endang.

Selain itu meski tengah berpuasa, disarankan juga untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti biasanya. Cara ini dapat membantu tubuh mengenali kebutuhan energi yang kurang dan mulai mengambilnya dari cadangan lemak.

"Jangan kita ikuti kemauan tubuh kita untuk lemas. Kalau kita biarkan terus, hormon-hormon untuk mengeluarkan cadangan energi seperti glukosa itu nggak diproduksi oleh tubuh. Jadi stimulasi untuk hormon-hormon itu memecah lemak sehingga kadar gula darahnya terjaga. Itu yang membuat tubuh kita akan tetap segar," kata dr Sri Sukmaniah, Msc, SpGK.

Kebutuhan air yang cukup saat berpuasa juga penting untuk menjaga proses metabolisme tetap optimal.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads