alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Disdukcapil Gowa Buka Pelayanan e-KTP Hari Sabtu dan Minggu

Herni Amir
Disdukcapil Gowa Buka Pelayanan e-KTP Hari Sabtu dan Minggu
Foto : Istimewa

SUNGGUMINASA - Untuk memaksimalkan layanam kependudukan di Kabupaten Gowa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gowa membuka pelayanam perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) setiap hari Sabtu dan Minggu.

Saat ini jumlah penduduk Kabupaten Gowa yang wajib KTP sebesar 531.290 jiwa. Dari jumlah wajib KTP ini, sudah berkisar 488.771 jiwa atau 92% yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Sehingga masih tersisa sekitar 8% lagi.

Kadis Dukcapil Gowa Ambo mengatakan, Disdukcapil sengaja menambah jam kerja personel perekaman di hari libur untuk memaksimalkan penjangkauan penduduk yang belum merekam. Layanan khusus itu dibuka mulai pukul 10.00 Wita sampai 15.00 Wita.

"Sengaja kita buka layanan perekaman di hari Sabtu dan Minggu untuk memberikan kesempatan merekam KTP elektronik bagi warga yang sibuk pada hari-hari kerja. Jadi mereka yang hanya punya kesempatan di hari Sabtu dan Minggu maka kita buka layanan perekaman di kantor Disdukcapil," katanya.

Selain di kantor Disdukcapil, dia juga memaparkan, jika layanan perekaman KTP elektronik, juga dibuka di tingkat kecamatan. Dia berharap para camat, lurah dan kades untuk memberikan pemahaman kepada masyarakatnya agar segera merekam e-KTP.

Selain sebagai bukti kependudukan, pemilikan e-KTP juga merupakan hak konstitusional masyarakat. Jika tak memiliki e-KTP sampai 2019 mendatang, maka yang bersangkutan tidak bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

"Penggunaan surat keterangan sementara sebagai pengganti e-KTP tidak berlaku lagi. Penggunaan suket hanya sampai tahun 2018.

Karena itu, dia mengimbau bagi masyarakat yang belum merekam e- KTP disilakan ke kantor Disdukcapil karena Sabtu dan Minggu tetap buka.Sedang untuk disabilitas dan sakit akan dilakukan kunjungan ke rumah untuk merekam.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads