alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sembilan Desa Berebut Jadi Wakil Kabupaten Gowa

Herni Amir
Sembilan Desa Berebut Jadi Wakil Kabupaten Gowa
Tim Penilai Lomba Desa yang dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Gowa Priska Paramitha Adnan saat mengunjungi Desa Bolaromang di Kecamatan Tombolopao. Foto : Istimewa

SUNGGUMINASA - Sembilan Desa di Kabupaten Gowa berebut untuk mewakili daerah ini ke tingkat Provinsi Sulsel. Saat ini, sembilan desa yang tersebar di sembilan kecamatan ini menjalani proses penilaian untuk lomba desa tingkat Kabupaten Gowa.

"Dari sembilan desa yang telah kita nilai itu akan kita tetapkan empat desa terbaik dan akan dinilai lagi untuk klasifikasi juara 1,2,3,4 dan yang juara 1 yang akan mewakili Gowa ke lomba desa tingkat provinsi pada Juli 2018 nanti," jelas Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gowa, Muh Asrul kepada SINDOnews, Jumat (18/05/2018).

Sembilan desa yang tahun ini menjadi peserta lomba desa yakni Desa Jenetalala (Kecamatan Pallangga), Desa Bone (Kecamatan Bajeng), Desa Bontolangkasa (Kecamatan Bontonompo Selatan), Desa Bontolempangang (Kecamatan Bontolempangang).

Selain itu, Desa Datara (Kecamatan Tompobulu), Desa Belapunranga (Kecamatan Parangloe), Deda Kanjilo (Kecamatan Barombong, Desa Mata Allo (Kecamatan Bontomarannu) dan Desa Bolaromang (Kecamatan Tombolopao).

"Senin lusa, kami (tim penilai) baru akan melakukan rapat untuk penetapan rangking satu sampai sembilan dan kemudian menetapkan empat besar," katanya.

Dia menuturkan, rata-rata desa yang diikutkan adalah yang pernah dapat juara lomba desa baik di tingkat kabupaten dan provinsi. Seperti Bontolempangan dan Datara sudah pernah juara di tingkat provinsi pada beberapa tahun lalu.

"Kenapa desa-desa itu ikut lagi, karena kepesertaannya sudah lama dan kepala desanya sudah berganti sehingga tentu kondisi desanya akan berbeda dengan sekarang," ungkapnya.

Jadi tambah dia, setiap tahun lomba desa ini dilakukan sekaligus menjadi evaluasi sejauhmana penerapan-penerapan aturan yang ada di desa.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads